Xiaomi Kembangkan Sebuah Fitur Kamera Bernama AI Shutter

Xiaomi Kembangkan Sebuah Fitur Kamera Bernama AI Shutter

Sebuah laporan mengungkap saat ini Xiaomi tengah mengembangkan sebuah fitur kamera bernama ‘AI Shutter’. Fitur ini disebut – sebut mirip dengan fitur ‘Top Shot’ yang ada pada kamera Google Pixel series, bagaimana cara kerjanya?

Laporan ini berdasarkan temuan tim XDA lewat aplikasi kamera MIUI terbaru yang dimilikinya. Pada aplikasi kamera dengan status beta tersebut, ditemukan sebuah srtik yang menunjukkan Xiaomi tengah mengembangkan fitur bernama AI Shutter. Menariknya, deskripsi kode di dalamnya sangat cocok dengan deskripsi fitu Top Shot milik Google Camera saat ini.

Deskripsi yang ditulis menggunakan bahasa Mandarin tersebut berbunyi “Pilih momen terbaik secara otomatis ketika menekan tombol shooter”. Lalu bagaimana cara kerja fitur ini sebenarnya?

Pada perangkat pixel, Top Shot merupakan sebuah fitur dimana AI secara otomatis mampu memilih mana yang merupakan foto terbaik. Cara kerjanya fitur ini adalah pada saat pengguna mengambil sebuah foto, secara otomatis kamera akan mengambil sejumlah gambar dalam satu waktu. Setelah itu, AI secara otomatis akan menyeleksi dari beberapa gambar yang diambil tersebut mana yang merupakan gambar dengan hasil terbaik. Pada perangkat Pixel, kalian harus mengaktifkan fungsi Motion untuk menggunakan fitur ini.

Lihat Juga :   PUBG Mobile Lakukan Kolaborasi Dengan BlackPink

Tujuan dari fitur ini adalah untuk menangkap moment – moment yang hanya muncul sepersekian detik saat proses pengambilan gambar. Fitur ini akan sangat berguna dalam pemotretan dengan kondisi obyek bergerak.

AI Shutter = Burst Shot ?

Secara garis besar baik Top Shot atau AI Shutter merupakan fitur Burst Shot yang sudah sejak lama ada, hanya saja mengalami sedikit peningkatan pada fungsi AI nya. Jika pada Burst Shot kita bakal mendapat beberapa gambar yang bisa di pilih secara manual, maka pada Top Shot/AI Shutter kita hanya akan mendapat satu buah gambar terbaik dari beberapa gambar yang ditangkap oleh kamera.

Xiaomi sendiri belum memberikan konfirmasi terkait fitur ini, bahkan pada update MIUI 12 terbaru fitur ini masih belum tersedia. Besar kemungkinan, fitur AI Shutter ini baru akan tersedia pada pembaruan MIUI 13 atau bahkan 14 nanti. Mengingat masih dibutuhkan beberapa pengembangan untuk fitur terbaru ini.