Trik Mudah, Mengatasi Sinyal 4G Hilang Pada Ponsel Xiaomi

Trik Mudah, Mengatasi Sinyal 4G Hilang Pada Ponsel Xiaomi

Belakangan banyak muncul pertanyaan seputar ponsel Xiaomi yang tiba – tiba hilang sinyal. Masalah tersebut biasanya muncul setelah melakukan pembaruan sistem operasi ponsel. Sebenarnya apa yang terjadi?

Hilangnya jaringan seluler pada perangkat Xiaomi bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Namun yang sering kami jumpai masalah tersebut bersumber dari sistem operasi yang di pasang. Sudah bukan rahasia lagi, banyak ponsel Xiaomi yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi dan dijual dengan garansi distributor.

Perangkat dengan garansi distributor tersebut tidak jarang masih menggunakan MIUI versi luar negeri, yang mana baseband version nya sering tidak support dengan jaringan operator Indonesia. Hasilnya, ketika perangkat di update sinyal bisa mendadak hilang. Lalu bagaimana solusinya?

Solusi pertama yang bisa kami sarankan adalah dengan mencoba mengubah pengaturan prioritas jaringan. Caranya, bisa kalian lihat di bawah ini.

Mengatur prioritas jaringan pada perangkat Xiaomi :

  1. Ketik *#*#4636#*#*.
  2. Pilih phone information 1.
  3. Ubah preferred Network Type ke CDMA Only.
  4. Tunggu sampai jaringan (sinyal) hilang.
  5. Masuk Settings.
  6. Kemudian pilih SIM Card & Mobile Network.
  7. Pilih SIM 1.
  8. Ubah preferred Network ke Global.
  9. Done.
Lihat Juga :   Begini Cara Mudah Share Insta Story Milik Orang Lain

Jika cara di atas belum berhasil, kalian bisa mencoba untuk mengganti versi MIUI. Biasanya ponsel Xiaomi garansi distributor dijual dengan MIUI versi Cina, coba kalian ganti ke versi global. Untuk tutorial flashing-nya bisa kalian baca di sini.

Update : Saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan pemblokiran jaringan untuk perangkat yang masuk secara ilegal. Jika ponsel kalian tidak bisa membaca jaringan operator lokal, bisa jadi perangkat tersebut terkena pemblokiran dari pemerintah. Beli ponsel resmi lebih baik.

Sekian tutorial tentang mengatasi sinyal ponsel Xiaomi yang tiba – tiba hilang, semoga bermanfaat dan mudah di mengerti. Jika kalian mengalami masalah dalam mencoba tutorial di atas, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.