Tips Mengatasi Browser Samsung Internet Tidak Bisa Download

Tips Mengatasi Browser Samsung Internet Tidak Bisa Download

Internet merupakan tempat untuk men-download apapun yang kita inginkan, tapi bagaimana jadinya jika fungsi “download” tersebut tidak dapat digunakan? Masalah ini sering dialami oleh pengguna browser Samsung Internet, tidak jarang banyak pengguna dibuat kesal karenanya.

Browser bawaan Samsung sering sekali mengalami crash saat digunakan untuk men-download file, terutama file berukuran besar. Tidak jarang, layar notifikasi hanya menunjukkan proses download di jeda. Atau hal paling parah yang sering terjadi adalah proses download yang berjalan tiba – tiba berhenti.

Untungnya ada banyak solusi untuk mengatasi masalah ini, bagi kalian yang mungkin sedang mencari cara untuk memperbaiki masalah ini, kita akan bantu untuk pecahkan.

1. MULAI ULANG TELEPON

Cara paling mudah pertama adalah dengan melakukan restart ponsel, sebuah solusi sederhana tapi umumnya berhasil. Silahkan dicoba, dan jika masalah masih muncul, coba tips berikutnya di bawah ini.

2. PERIKSA PENYIMPANAN

Masalah ini juga sering sekali terjadi, sebelum melakukan downlad terutama untuk file dengan ukuran besar. Coba cek memori penyimpanan apakah masih cukup? Sebab jika memori tidak cukup, biasanya sistem tidak akan melanjutkan proses download yang sedang berjalan.

Lihat Juga :   Begini Cara Mudah Share Insta Story Milik Orang Lain

3. BERIKAN IZIN PENYIMPANAN

Selanjutnya bagian yang tidak kalah penting adalah izin penyimpanan. Untuk Android versi 7 ke atas pengaturan ini harus dilakukan secara manual, biasanya sistem akan memberikan notif apakah kita mengizinkan akses tersebut atau tidak.

Tutorial :

  1. Masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih pada menu Aplikasi.
  2. Cari Samsung Internet, kemudian pilih.
  3. Ketuk pada menu izin, pilih pada penyimpanan.
  4. Pastikan akses penyimpanan di izinkan.

4. KELUARKAN KARTU MEMORI

Jika lokasi penyimpanan file download kalian berada di memori eksternal/kartu memori, kami sarankan untuk mencoba melepas kartu memori untuk sementara waktu. Kemudian pasang kembali, lihat apakah proses download bisa berjalan.

Jika download masih belum bisa berjalan, coba ubah lokasi penyimpanan ke memori internal. Jika bisa berjalan dengan lancar, besar kemungkinan kartu memori kalian yang bermasalah.

5. GANTI NAMA FOLDER UNDUHAN

Beberapa orang sering mengubah lokasi penyimpanan hasil unduhan ke folder lain, namun tidak sedikit juga yang menamai folder barunya tersebut sama dengan folder default lokasi penyimpanan. Jika ini terjadi, kami sarankan untuk mengganti nama salah satu folder tersebut.

Lihat Juga :   Cara Mengatasi Kunci Layar Yang Dinonaktifkan Administrator

6. UBAH JALUR UNDUHAN

Selain kerap menimbulkan masalah, cara ini juga sering kali malah menjadi solusi. Cobalah untuk mengubah lokasi penyimpanan default unduhan, entah itu dari internal ke memori eksternal atau sebaliknya dari eksternal ke memori internal.

Tutorial :

  1. Buka browser Samsung, kemudian ketuk ikon tiga-bar di bagian bawah.
  2. Masuk ke pengaturan.
  3. Pilih situs dan unduhan. Kemudian pilih tujuan penyimpanan unduhan antara telfon atau memori eksternal.

7. PERIKSA PENGATURAN PENGHEMAT BATERAI

Ponsel Samsung hadir dengan fitur penghemat baterai yang terkadang malah membuat fungsi aplikasi tidak berjalan normal. Jika proses download gagal ketika layar mati atau browser berjalan di latar belakang sistem, besar kemungkinan penyebabnya adalah sistem penghemat baterai tersebut.

Ketika fitur ini hidup, secara otomatis sistem akan mematikan proses aplikasi yang tidak digunakan. Untuk itu kalian perlu mematikannya.

Tutorial :

  1. Masuk ke pengaturan ponsel, lalu pilih perawatan perangkat.
  2. Pilih pada baterai.
  3. Selanjutnya ketuk pada bagian mode daya, pilih mode dioptimalkan.

8. BERSIHKAN CACHE

Salah satu cara yang wajib kalian coba adalah dengan membersihkan cache browser, cara ini cukup aman dan mudah untuk di praktekan. Tindakan ini tidak akan menghapus file perangkat kalian.

Lihat Juga :   Tips Mudah Mengatasi Hp Android Sering Lemot

Tutorial :

  1. Masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih pada menu Aplikasi.
  2. Cari Samsung Internet, kemudian pilih.
  3. Ketuk pada menu penyimpanan.
  4. Pilih hapus memori, atau hapus data jika ingin menghapus seluruh data internet (riwayat, unduhan, bookmark, dll).

9. SETEL ULANG IZIN APLIKASI

Langkah terakhir adalah dengan menyetel ulang izin aplikasi di ponsel, ada kemungkinan masalah tersebut terjadi lantaran perubahan yang terjadi pada perizinan aplikasi. Untuk mengatasinya, coba kembalikan izin aplikasi ke pengaturan default.

Tutorial :

  1. Masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih pada menu Aplikasi.
  2. Ketuk ikon tiga titik di bagian atas.
  3. Pilih Reset preferensi aplikasi.

10. PERBARUI APLIKASI

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan update aplikasi. Masalah tidak bisa download bisa saja disebabkan oleh bug aplikasi, Samsung secara rutin juga terus memperbaharui aplikasinya untuk memperbaiki masalah – masalah tersebut. Tidak ada salahnya mencoba.

Itulah tadi beberapa Tips Mengatasi Browser Samsung Internet Tidak Bisa Download. Semoga artikel di atas bermanfaat ya.