Semua Produk Huawei di Masa Depan Akan Menggunakan HarmonyOS

Semua Produk Huawei di Masa Depan Akan Menggunakan HarmonyOS

Di tahun 2020 ini, Huawei nampaknya sangat fokus dalam pengembangan beberapa perangkat elektronik konsumer nya termasuk sistem operasi buatannya HarmonyOS. Bahkan semenjak sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah AS, prosesnya terlihat semakin cepat setiap bulannya. Terbukti dalam kurun waktu enam bulan ini saja perusahaan ini telah merilis berbagai produk elektronik, mulai dari smartphone, tablet, dan bahkan laptop.

Seperti yang sudah kita ketahui, Huawei dilarang menggunakan OS Android akibat sanksi yang dilayangkan oleh Amerika Serikat. Akibatnya raksasa teknologi asal Cina ini memilih mengembangkan OS buatannya sendiri bernama HarmonyOS. Lama tidak ada kabar soal perkembangan-nya, ternyata HarmonyOS saat ini sudah diadopsi hampir di sebagian besar perangkat Huawei terbaru.

Yu Chengdong selaku CEO Huawei Consumer Business mengatakan, perangkat wearable seperti Smartwatch Huawei di masa mendatang akan dirilis menggunakan HarmonyOS. Segera setelahnya, HarmonyOS bakal juga diaplikasi-kan ke setiap perangkat konsumer Huawei di masa depan, termasuk prosuk IoT, komputer, smartphone, dan tablet. Dirinya menyebutkan HarmonyOS bakal menjadi ‘sistem operasi dunia’ di masa depan.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy M31s Bawa Fingerprint di Layar & Baterai 6000 mAh

Pernyataan tersebut diumumkan bersamaan dengan konfirmasi perusahaan tentang peluncuran smartphone flagship terbarunya, Huawei Mate 40.  Smartphone terbaru Huawei tersebut kemungkinan akan dirilis pada musim gugur tahun ini. Perusahaan juga dikabarkan akan segera meluncurkan chipset SoC terbaru mereka, Kirin 1000 pada tanggal 5 September mendatang di IFA 2020.

Huawei menyebut, Mate 40 bisa jadi merupakan smartphone terakhir perusahaan yang ditenagai menggunakan chipset Kirin. Hal tersebut dikarenakan larangan dari pemerintah AS, yang membuat Huawei sudah tidak bisa memproduksi chip sendiri.

Sebelumnya, Huawei juga dilaporkan akan segera mengumumkan HarmonyOS 2.0 pada bulan september mendatang. Sistem operasi terbaru ini akan ditujukan untuk komputer, smartwatch, dan bahkan mobil. Bulan lalu, Huawei bekerja sama dengan BYD telah sukses memamerkan mobil pertama di dunia yang berjalan menggunakan sistem HiCar. Mobil tersebut dibekali sistem operasi HarmonyOS yang mana dikembangkan langsung oleh Huawei sendiri.