Rumor Menyebut Samsung Akan Menghapus Sensor ToF di Seri Galaxy S21 Ultra

Posted on

Droidmagz.com – Flagship Samsung Galaxy S20 Ultra diluncurkan dengan menyandang konfigurasi empat buah kamera di bagian belakang. Lensa utama merupakan sensor berukuran 108MP, dan tiga lainnya merupakan kamera Time of Flight (ToF). Menariknya, beredar kabar yang menyebut generasi penerus Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan konfigurasi kamera jauh berbeda.

Sebagian dari kalian tentu telah mengetahui jika flagship terbaru Samsung akan diluncurkan pada tanggal 14 Januari mendatang. Menurut beberapa rumor yang beredar, generasi terbaru dari Galaxy S series tersebut akan membawa konfigurasi Quad Camera di bagian belakang.

Tapi ada yang menarik dengan konfigurasi kamera yang akan dimiliki Samsung Galaxy S21 Ultra. Bocoran ini pertama kali dibahas oleh seoarang leaker terkenal bernama Ice Universe. Pada akun Twitter pribadinya, Ice mengungkap jika flagship terbaru Samsung nantinya tidak akan membawa satupun lensa ToF pada konfigurasi kamera yang dibawanya.

Dalam tweet yang telah diposting beberapa hari lalu, Ice menyebut Galaxy S21 Ultra akan datang dengan sensor ISOCELL HM3. Sensornya sendiri akan memiliki ukuran 108MP dengan ukuran piksel  0.8µm, serta turut membawa pengaturan modul fokus laser di dalamnya.

Lihat Juga :   Daftar Resmi Update Nougat Untuk Varian Motorola Moto G

Teknologi kamera baru

Sekedar informasi, sensor ToF pada Galaxy S20 Ultra merupakan sensor berukuran 0,3MP dengan aperture f/1.0. Fungsinya sendiri adalah untuk membantu detail kedalaman saat kamera mengambil gambar potret atau merekam video live fokus. Jika kemampuan ini hilang, bisa jadi Samsung turut akan mengenalkan teknologi baru pada acara peluncuran Galaxy S21 series mendatang.

Meski begitu, flagship terbaru Samsung nantinya masih tetap akan hadir dengan konfigurasi Quad Camera. Selain lensa utama yang memiliki ukuran 108MP, masih ada lensa sudut ultrawide, dan sebuah lensa tele periskop. Karena sensor ToF dibuang, besar kemungkinan kamera ke empat merupakan lensa telefoto lainnya.

Samsung Galaxy S21 Ultra akan meluncur awal tahun depan, berasam dengan Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus. Ketiga model tersebut akan hadir dengan tampilan layar bergaya punch hole, serta didukung oleh prosesor Snapdragon 875 atau Exynos 2100 tergantung wilayah penjualan.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.