Tabhita D A Menulis untuk mengisi waktu luang.

Review Singkat Xiaomi Mi 10 Pro, Flagship Terkencang Xiaomi Saat Ini

2 min read

Mi 10 Pro adalah generasi Mi series terbaru yang dirilis Xiaomi pada bulan Februari lalu. Menjadi ponsel dengan kategori Flagship pada jajaran produk Xiaomi, kelebihan apa saja yang ditawarkan smartphone satu ini? Simak ulasan kami di bawah ini.

Desain & Material

Di posisikan sebagai kelas Falgship, sudah pasti Mi 10 Pro dibekali desain serta material berkualitas. Perangkat ini hadir dengan frame berbahan full alumunium yang membuatnya nampak begitu kokoh dan mantap untuk digengam.

Cukup pakai alumunium? Tidak. Seakan belum puas, Xiaomi melapisi cover baik dibagian depan (layar) dan bagian belakang dengan lapisan kaca melengkung yang disebut dual glass. Lapisan tersebut bukanlah sekedar lapisan kaca biasa, melainkan lapisan full Corning Gorilla Glass 5.

Foto : GSMArena

Dan jadilah sebuah ponsel cantik dengan desain kaca melengkung simetris dengan bingkai alumunium di sekelilingnya, nampak kokoh, mewah, dan mahal. Asiknya lagi, Xiaomi membuat panel bagian belakang dengan aksen warna matte pada lapisan kacanya. Nilai 100 untuk Xiaomi dibagian ini!

Layar

Beralih ke bagian depan, terhampar sebuah panel layar OLED berukuran 6,67 inci dengan desain melengkung di bagian tepinya. Nampak bezel ponsel ini hampir tidak terlihat saking tipisnya.

Layar tersebut memiliki resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dengan aspek ratio 19:5.9, lengkap dengan teknologi HDR10+, dan kemampuan refresh rate 90Hz. Di bagian pojok atas sebelah kiri, terdapat sebuah lubang tempat untuk meletakkan kamera depan.

Lihat Juga :   Review Singkat Oppo A92, Beneran Mahal Doang?

Di bawah layar ini, tertanam sebuah sensor pembaca sidik jari dengan teknologi generasi terbaru. Untuk kecepatan pembacaannya sendiri sudah sangat lebih dari cukup, dan pastinya sangat akurat. Layar tersebut juga mendukung fitur baru yang kini tersedia di MIUI versi terbaru, yakni AOD (always on display) yang mana akan sedikit menghemat konsumsi baterai.

Seperti yang sudah kami utarakan di atas tadi, layar Mi 10 Pro ini sudah dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Hardware & Peforma

Xiaomi Mi 10 Pro dibekali chipset besutan Qualcomm dengan seri Snapdragon 865, ini merupakan chipset paling kencang dan powerfull untuk saat ini.

Snapdragon 865 merupakan chipset Octa core dengan manufaktur 7mm, chipset ini membawa inti 1×2.84 GHz Kryo 585 Gold (turunan dari Cortex-A77) & 3×2.42 GHz Kryo 585 Gold (turunan dari Cortex-A77) & 4×1.8 GHz Kryo 585 Perak (Turunan dari Cortex-A55). Untuk mengolah tampilan grafis, chipset ini dibekali sebuah GPU Adreno 650.

Mi 10 Pro hadir dengan dukungan RAM berjenis LPDDR5, perangkat ini tersedia dalam beberapa varian konfigurasi memori : 8GB/12GB RAM dan 256GB/512GB penyimpanan internal.

Secara peforma, Mi 10 Pro tidak bisa dianggap remeh. Ponsel ini mencetak skor 3331 pada pengujian multi core dan skor 905 pada pengujian single core menggunakan program GeekBench 5.1. Sementara untuk pengujian menggunakan AnTuTu 8, perangkat ini mampu mencetak skor 595246.

Lihat Juga :   Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus, Spec Dewa Banyak Minus

Kamera

Xiaomi Mi 10 Pro hadir dengan konfigurasi Quad kamera lengkap dengna dua lensa Zoom. Lensa utamanya adalah sebuah sensor ISOCELL dengan ukuran 108MP, Meskipun ukuran lensa tersebut sama dengan yang digunakan Samsung Galaxy S20 Ultra akan tetapi keduanya memiliki pengaturan yang jauh berbeda (kita akan bahas di artikel lain tersendiri).

Selanjutnya adalah lensa tele dengan ukuran 12MP yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL Fast S5K2L7 1/2.6″sensor dengan 1.4µm piksel. Lensa ini membawa bukaan f/2.0, dan mendukung dual autofokus tanpa OIS. Selanjutnya kamera tele ke dua dengan lensa berukuran 8MP, lensa ini menggunakan sensor OmniVision OV08A10 dengan bukaan f/2.0. Pada lensa tele ke dua ini Xiaomi membekali sensor tersebut dengan fitur OIS dan PDAF, yang mana membuatnya mampu melakukan Zoom sebanyak 5X atau setara 125mm.

Dan yang terakhir adalah lensa ultrawide berukuran 20MP, lensa ini menggunakan sensor Sony IMX350 20MP 1 / 2,78 “dengan piksel 1,0μm. Lensa ini memiliki bukaan sebesar f/2.2, serta bidang pandang dengan lebar hingga 117 derajat.

Di bagian depan, Xiaomi membekali ponsel flagshipnya ini dengan satu buah lensa berukuran 20MP. Lensa tersebut menggunakan sensor Samsung ISOCELL Slim S5K3T2 1/3.4″ sensor dengan 0.8µm piksel dan Quad-Bayer color filter. Kamera depan ini menawarkan bukaan f/2.0, tanpa auto fokus.

Lihat Juga :   Review Singkat Realme C3, HP Entry Level Realme

Baterai

Mi 10 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Dalam penggunaan wajar, perangkat ini mampu bertahan hidup selama 13 jam dalam posisi baterai terisi penuh.

Tidak lupa Xiaomi turut menghadirkan fitur pengisian cepat dengan menggunakan teknologi QuikCharger4 +, teknologi ini menawarkan pengisian cepat dari nol sampai penuh hanya dalam waktu 50 menit. Ponsel ini mendukung Output pengisian daya maksimal sebesar 50W, namun dalam paket penjualannya charger yang disertakan mempunyai Output sebesar 65W.

Ponsel ini juga medukung pengisian secara nirkabel dengan output daya maksimal hingga 30W.

Fitur Lain

Sebagai ponsel flagship tentunya Mi 10 Pro hadir dengan segudang fitur smartphone terkini. Ponsel ini dibekali dengan dual speaker stereo yang diletakkan di bagian atas dan bawah ponsel, sayangnya Xiaomi tidak menyediakan lubang Jack audio 3.5mm pada perangkat ini.

Untuk konektivitas, perangkat ini dibekali dengan jaringan 5G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth 5.1 dengan dukungan A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive, NFC, IR Blaster, serta USB Type-C.

Mi 10 Pro juga dilengkapi GPS dengan  dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, serta beragam sensor seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer semua lengkap tersedia.

Tabhita D A Menulis untuk mengisi waktu luang.