Review Singkat Realme C3, HP Entry Level Realme

Review Singkat Realme C3

Sebagai pemain baru dalam industri smartphone di Indonesia, Realme cukup gencar dalam merilis produk baru setiap tahunnya. Salah satunya adalah Realme C3, menjadi salah satu smartphone paling laris saat ini seperti apa perangkat murah dari Realme ini.

Review Singkat Realme C3

Desain & Material

Realme C3 masih mengikuti desain dari pendahulunya, tidak banyak perubahan selain dari ukuran layar yang membesar. Material casingnya tidak jauh berbeda dengan Realme C2, menggunakan plastik dan terasa licin di bagian belakang.

Salah satu hal unik dari Realme C series ini tentu saja terletak pada finishing cover bagian belakang, Realme menyebutnya dengan Sunrise Design. Finishing tersebut membuat cover belakang Realme C3 terlihat memiliki pola seperti sinar matahari jika di lihat dari samping. Cukup memberi kesan mewah untuk ponsel di kelas entry level.

Layar

Ukuran layar Realme C3 meningkat 0,4” dibanding pendahulunya, tapi sayangnya perubahan ukuran tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan resolusi. Alhasil gambar yang dihasilkan terasa kurang jika dibandingkan dengan Realme C2.

Lihat Juga :   Review Singkat Kekurangan Serta Kelebihan Xiaomi Mi A1 : Android One Google

Realme C3 dibekali layar dengan panel IPS 6,5” inci dengan resolusi 720 X 1560 piksel, layar tersebut mempunyai rasio body 20 : 9 dan sudah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Hardware & Performa

Membawa jargon “Smartphone Gaming”, Realme membekali C3 dengan prosesor Mediatek Helio G70 yang dipadukan dengan memori berkapasitas 3GB RAM dan 32GB ROM. Tidak ketinggalan kehadiran GPU Mali G52 sebagai perangkat pengolah grafis.

Secara peforma Realme C3 cukup bisa untuk di andalkan, berjalan menggunakan Android 10 dengan kustomisasi Realme UI 1.0 membuat smartphone ini nyaman digunakan sehari – hari. Sistem mampu berjalan dengan smooth, dan hampir tidak ditemukan lag dalam penggunannya.

Game seperti PUBG yang membutuhkan spesifikasi cukup tinggi mampu di libas smartphone ini dengan settingan HD, dan berjalan cukup nyaman. Rahasianya tentu saja pada fitur Display Latency Optimization yang dibawanya, fitur ini mampu membuat akurasi sentuhan serta respons pada layar meningkat secara pesat.

Kamera

 

Review Singkat Realme C3

Salah satu yang di “jual” Realme dari perangkat ini adalah kamera. Realme membekali perangkat andalannya ini dengan 3 kamera sekaligus, ketiganya mempunyai setup lensa utama 12MP F/1:8, lensa ultrawide 2MP dan lensa kedalaman 2MP. Sementara untuk kamera depan Realme C3 dibekali dengan lensa beresolusi 5MP.

Lihat Juga :   Review Singkat Xiaomi Redmi 8A Pro, Apakah Worth it?

Fitur yang dibawa terbilang cukup lengkap, Realme membekali beberapa fitur seperti Chroma Boost, portrait, dan video slo-mo. Kamera tersebut mampu merekam video hingga resolusi 1080p dan 120fps untuk video slo-mo.

Baterai

Kapasitas baterai menjadi salah satu pertimbangan penting bagi konsumen saat ini, tapi kalian tidak perlu khawatir soal ini. Tidak tanggung – tanggung Realme membekali smartphone entry levelnya ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Sayangnya tidak ada fitur Fast Charging pada Realme C3 ini, yang ada hanya fitur pengisian baterai standar 10W menggunakan Micro-USB. Cukup wajar mengingat ponsel ini memang ditujukan untuk kelas entry level, jadi bukan merupakan hal aneh.

Fitur lain

Accelerometer, proximity, compass, Bluetooth 5.0, A2DP, FM Radio dan USB On-The-Go menjadi beberapa fitur yang disematkan Realme pada perangkat ini. Hampir semua fitur standar sebuah smartphone tersedia lengkap, tidak ada masalah untuk bagian ini.

Harga & tanggal rilis

Realme C3 sudah di rilis sejak bulan Februari lalu, untuk harga yang ditawarkan kami cek per hari ini (28/4) ada di kisaran Rp 1.899.000 untuk varian 3GB/32GB. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna Merah dan Biru.

Lihat Juga :   Review Singkat Google Pixel 4a, Ponsel ‘Murah’ Dari Google