Tabhita D A Menulis untuk mengisi waktu luang.

Review Singkat Oppo A92, Beneran Mahal Doang?

3 min read

Belum lama ini Oppo baru saja meluncurkan sebuah ponsel untuk kelas menengah bernama Oppo A92. Sektor yang coba di tonjolkan dari ponsel ini ada pada bagian kamera, hal tersebut terlihat dari beberapa iklan dan poster promosi yang dirilis oleh Oppo. Lalu seperti apa ponsel dengan banderol mencapai 4 Jutaan ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain & Material

Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah Oppo lainnya, Oppo A92 hadir dengan desain bergaya candy bar lengkap dengan finishing glossy di permukaan bodynya. Sementara untuk material body, ponsel ini masih menggunakan material dasar berbahan dasar plastik dengan lapisan mirip seperti kaca di atasnya.

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Twilight Black dan Shining White. Berkat lapisan kaca dengan finishing glossy serta varian warna yang dimilikinya, Oppo A92 mampu tampil layaknya sebuah ponsel premium yang terlihat cantik.

Di bagian belakang, kalian akan menemukan sebuah panel kamera berbentuk persegi dengan empat buah lensa di dalamnya. Lalu dimana sensor fingerprint ponsel ini? Jawabannya ada pada tombol power yang diletakkan di bagian kanan body. Keputusan Oppo kali ini sepertinya tepat, dengan sensor finger print yang beralih ke bagian samping body, bagian belakang ponsel ini terlihat bersih dan enak untuk dipandang.

Beralih ke bagian kiri body, kalian akan menemukan slot untuk kartu SIM dan tombol volume roker. Beralih ke bagian bawah ponsel, di sana terdapat port USB Type-C, mikrofon, spekaer, dan Jack Audio 3.5mm.

Layar

Sekarang kita beralih ke bagian layar. Ponsel ini hadir dengan layar penuh tanpa nocth, namun terdapat lubang punch hole sebagai tempat untuk meletakkan modul kamera depan. Layarnya sendiri menggunakan panel LCD berjenis IPS dengan ukuran 6,5 inci serta memiliki resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel. Layar yang digunakan Oppo A92 ini sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland untuk blue-light protection, jadi cukup aman untuk mata kita.

Lihat Juga :   Review Singkat Kekurangan Serta Kelebihan Xiaomi Mi A1 : Android One Google

Layar ponsel ini membawa aspek rasio 20 : 9, cukup bagus untuk menampilkan gambar pada resolusi tampilan penuh. Kualitas warna dan kontras yang dihasilkan juga bisa dibilang seimbang, walaupun tidak semeriah panel OLED. Ketajaman dan detail sangat baik berkat resolusi Full HD+ yang dibawanya, untuk tampilan visual ponsel ini tidak ada masalah berarti.

Hardware & Peforma

Oppo A92 ditenagai oleh prosesor Qualcomm dengan seri Snapdragon 665 2.0GHz octa core. Prosesor tersebut dipadukan dengan konfigurasi memori, 8GB pada RAM dan 128GB untuk penyimpanan internal. Ponsel ini juga menyediakan slot untuk memori tambahan berjenis MicroSD.

Benchmark Oppo A92

Secara peforma, ponsel ini tidak mempunyai masalah yang berarti. Penggunaan chiset SD665 pada ponsel ini menurut kami sedikit aneh. Selain sudah cukup ketinggalan, untuk sebuah ponsel dengan banderol 4 Jutaan masih banyak pilihan prosesor lain yang lebih berkualitas.

Untungnya Oppo menyediakan konfigurasi memori yang tergolong besar untuk ukuran ponsel di kelasnya, jadi untuk urusan multitasking ponsel ini tidak terlalu mengalami kendala. Tapi, jika dibandingkan dengan ponsel kompetitor di harga yang sama, perbedaan kecepatan ponsel akan sangat jelas terasa.

Untuk urusan gaming, ponsel ini lumayan bisa diandalkan. Game semacam Mobile Legends hingga Call of Duty dapat berjalan mulus dengan preset maksimal. Bahkan untuk game Mobile Legends, Oppo A92 mampu menjalankannya dalam mode High Frame Rate (HFR) diaktifkan.

Lihat Juga :   Review Singkat Infinix Hot 8, Ponsel Gaming Murah Dengan Baterai Jumbo

Secara keseluruhan untuk bagian ini kami tidak mengalami kendala, ataupun keluhan terkait peforma. Tapi bagi kalian yang mencari ponsel dengan peforma kencang di rentang harga yang setara, kami tidak merekomendasikan ponsel ini.

Kamera

Oppo membekali ponsel andalannya ini dengan konfigurasi Quad camera. Empat buah lensa tersebut disusun dalam sebuah panel berbentuk persegi, sekilas panel tersebut mirip dengan panel kamera milik Huawei P40 Pro.

Kamera Oppo A92

Untuk spesifikasinya sendiri, Oppo menggunakan lensa berukuran 48MP dengan aperture f/1.7 untuk kamera utama. Sementara tiga lensa lainnya terdiri dari, 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa kedalaman, dan 2MP lensa mono B/W untuk dukungan pengambilan video. Untuk kamera selfie, ponsel ini hanya mengandalkan satu buah lensa berukuran 16MP.

Kamera utamanya ini memiliki kualitas gambar sangat tajam, dengan komposisi warna dan kontras yang natural. Jika dirasa kurang cukup, Oppo turut menghadirkan fitur bernama Dazzle Color di dalamnya yang bisa kalian manfaatkan untuk mempertajam warna gambar.

Secara default lensa 48MP yang dibawanya menghasilkan foto dengan resolusi 12MP, kalian juga dapat mengatur gambar tersebut ke resolusi maksimal dengan mengaktifkan mode 48MP pada pengaturan kamera.

Secara keseluruhan kamera Oppo A92 bukanlah yang terbaik dikelasnya. Tapi bagi kalian yang tidak terlalu hardcore untuk urusan foto, kamera ponsel ini masih sangat bisa untuk di andalkan.

Baterai

Oppo A92 dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan ukuran baterai sebesar ini, kami mendapati Screen On Time untuk ponsel ini di angka sekitar 13 Jam. Sementara untuk standby, ponsel ini mungkin bisa bertahan hingga dua hari dalam sekali pengisian daya.

Lihat Juga :   Kekurangan Sony Xperia Z3 Plus, Spec Dewa Banyak Minus

Untuk mengisi daya, Oppo membenamkan teknologi pengisian daya cepat hingga 18W. Bukan yang terbaik di kelasnya, tapi dengan ini cukup untuk mengisi ponsel dari kondisi baterai 0 hingga penuh dalam waktu dua jam.

Salah satu fitur menarik dari ponsel ini adalah kemampuannya untuk dijadikan sebagai power bank. Ya, Oppo A92 bisa kalian jadikan power bank hanya dengan bermodal kabel OTG saja.

Fitur Lain

Oppo A92 hadir dengan fitur kemanan cukup lengkap. Ponsel ini membawa keamanan fingerprint, yang mana setelah kami coba respons modul tersebut bekerja sangat cepat dan cukup akurat. Selain itu juga terdapat fitur Face Unlock, yang mana respons yang dibawa fitur ini juga sangat cepat. Face Unlock pada ponsel ini terbilang sangat akurat dalam mendeteksi wajah, good job Oppo!

Ponsel ini hadir dengan Wifi dual band, serta Bluetooth 5.0. Memang bukan versi terbaru, tapi masih sangat bisa diandalkan untuk sekarang ini. Sementara untuk dukungan jaringan, ponsel ini sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE. Tidak ketinggalan terdapat dua slot untuk SIM card yang bisa kalian gunakan di dalamnya.

Untuk kualitas suara baik speaker, earphone, dan mikrofon, ketiganya tidak ada masalah sama sekali. Suara speaker ponsel ini tergolong jernih dengan bass yang cukup terasa. Cukup nyaman digunakan untuk bermain game, atau sekedar menonton video.

Tabhita D A Menulis untuk mengisi waktu luang.