Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & Galaxy S21 Plus

Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & Galaxy S21 Plus

Droidmagz.com – Samsung akhirnya resmi memperkenalkan flagship terbarunya, Galaxy S21 series. Terdiri dari tiga varian : Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra flagship terbaru Samsung ini menawarkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Hadir dengan desain baru, Galaxy S21 series juga dibekali chipset dan konfigurasi kamera terbaru dari Samsung. Namun, dibalik beberapa peningkatan tersebut, terdapat beberapa fitur dan aksesoris yang harus dihilangkan. Penasaran apa saja yang baru di flagship teranyar Samsung ini? berikut ulasannya,

Desain

Dua varian S21 series menampilkan desain layar berlubang di bagian tengah sebagai tempat untuk kamera selfie. Samsung sendiri menamai desain tersebut dengan sebutan Infinity-O design.

Namun bukan bagian ini yang membuat tampilan ponsel ini menarik. Bagian paling menarik justru ada pada panel kamera utama, dimana Samsung mendesain panel kamera ponsel ini dibuat langsung menyatu dengan housing body ponsel. Perubahan simpel, namun terlihat mencolok.

Bagian menarik kedua dari ponsel ini ada pada lapisan pelindung yang digunakan, dimana Samsung menggunakan pelapis Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan corning hanya digunakan untuk bagian depan, sementara dibagian belakang Samsung masih menggunakan panel plastik dan kaca.

Lihat Juga :   Pendiri OnePlus Ungkap Seperti Apa Wujud Resmi OnePlus Nord

Untuk variasi warna, tersedia beberapa warna cantik yang bisa Anda pilih. Diantaranya, Phantom Black, Phantom Pink, Phantom Violet, dan Phantom Silver. Ketersediaan warna tersebut bervariasi di setiap wilayah.

Spesifikasi

Samsung Galaxy S21 memiliki ukuran layar 6,2 inci, sementara varian Samsung Galaxy S21 Plus hadir dengan ukuran layar 6,7 inci. Keduanya menggunakan layar Dynamic AMOLED 2X datar dengan resolusi 2400 x 1080 dan kecepatan refresh adaptif (48Hz hingga 120Hz).

Menariknya, kecepatan refresh rate layar tersebut menyesuaikan otomatis berdasarkan konten yang sedang ditampilkan. Samsung juga mengatakan teknologi Eye Comfort Shield baru yang secara otomatis menyesuaikan cahaya biru berdasarkan waktu.

Kedua flagship ini hadir dengan dua pilihan chipset yang bergantung pada wilayah pasar, yakni Exynos 2100 dan Snapdragon 888. Untuk kapasitas penyimpanan, tersedia RAM berukuran 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB dan 256GB. Sayangnya, kedua ponsel ini tidak membawa dukungan untuk penyimpanan eksternal.

Beralih ke bagian kamera, di bagian depan tersedia sebuah lensa tunggal berukuran 10MP dengan dual Pixel AF, aperture F 2.2, 1,22µm piksel, dengan bidang pandang 80°.

Lihat Juga :   Tutorial Order OPPO Reno5 Marvel Edition

Sementara di bagian belakang, terdapat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari lensa ultrawide 12MP f/2.2 120°, kamera 12MP f/1.8 Dual Pixel AutoFocus dengan OIS, dan kamera telefoto 64MP f/ 2.0 dengan OIS, PDAF, dan 3x Hybrid.

Kamera tersebut dibekali banyak fitur baru. Misalnya, kamera 64MP yang mampu merekam dalam format 8K pada 24FPS. Samsung juga mengatakan pengguna bisa mendapatkan foto beresolusi tinggi (33MP) dari rekaman video dengan format 8K tersebut. Ada juga 6 fitur foto potret yang berbeda yang bisa dicoba.

Samsung Galaxy S21 dibekali baterai berukuran 4.000 mAh, sementara Samsung Galaxy S21 Plus hadir dengan kapasitas baterai 4.800 mAh. Keduanya mendukung pengisian daya kabel cepat 25W (pengisi daya tidak disertakan dalam kemasan tetapi Anda akan mendapatkan kabel USB-C), dan pengisian nirkabel 15W.

Fitur lain yang tidak boleh dilewatkan antara lain, sertifikasi IP68, NFC, UWB, dan Fingerprint ultrasonik bawah layar. Untuk sistem operasi, keduanya bakal menjalankan Android 11 dengan kustomisasi One UI 3.

Lihat Juga :   Google Dikabarkan Kembangkan Chipset Sendiri Untuk Pixel 6

Harga Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus

Samsung membuka keran pre-order pertama pada tanggal 29 Januari mendatang, sementara untuk Indonesia besar kemungkinan perangkat baru akan tersedia sekitar pertengahan Februari mendatang. Untuk harga yang ditawarkan, Samsung Galaxy S21 akan dijual mulai dari harga Rp 12.999.000, dan Galaxy S21 Plus akan ditawarkan mulai dari 15.999.000. Samsung menyebut akan ada beberapa promo menarik nantinya.