Qualcomm Perkenalkan Chipset 5nm Baru, Snapdragon 780G 5G

Posted on

Droidmagz.com – Qualcomm diketahui bakal segera merilis prosesor baru untuk lini Snapdragon 700 series bernama Snapdragon 780G 5G. Chipset tersebut dikabarkan membawa sejumlah peningkatan, termasuk pada CPU inti, GPU, AI Engine, ISP, dan masih banyak lagi.

Pengumuman resmi keberadaan prosesor ini memang belum dilakukan, namun blog teknologi asal Jerman (Winfuture.de) berhasil menemukan siaran pers, berikut beberapa detail tambahan mengenai chipset tersebut. Pengumuman resmi chipset tersebut dikabarkan akan dilakukan hari ini.

Sama seperti top tier chipset Qualcomm saat ini (SD888), Snapdragon 780G 5G dibangun menggunakan fabrikasi 5nm. Dibuat oleh Samsung, chipset ini hadir dengan konfigurasi Octa-Core. Inti dari prosesor ini terdiri dari, dua Core Cortex-A78 dengan clock speed 2.4GHz, serta enam Core Cortex-A55 dengan clock 1.8GHz

Untuk mengolah tampilan grafis, chipset ini bakal didukung menggunakan GPU Adreno 642. Menariknya, GPU yang digunakan chipset ini juga membawa sejumlah fitur terbaru milik Qualcomm, seperti True 10-bit HDR, Game Ultra-smooth, serta dukungan update driver GPU.

Lihat Juga :   Setelah Night Mode, Google Camera Go Sekarang Punya Fitur HDR

Bawa teknologi baru

Chipset terbaru ini membawa tiga buah ISP baru Spectra 570, yang mana merupakan hal baru di seri Snapdragon 700. Konfigurasi chipset ini juga memungkinkan perangkat mengambil gambar dari tiga lensa sekaligus secara bersamaan, sebuah peningkatan yang cukup signifikan.

Siaran pers Qualcomm juga menyebut chipset seri 700 terbaru ini memiliki arsitektur cahaya rendah baru yang memberdayakan foto berkualitas profesional dalam kondisi pencahayaan apa pun. Selain itu, tersedia juga dukungan untuk pengambilan video 4K HDR dan HDR10+.

Snapdragon 780G 5G hadir dengan Mesin AI generasi ke-6, Hexagon 770. AI tersebut mampu menawarkan kinerja hingga 12 AI TOP, dua kali lipat dari pendahulunya. Selain itu, ada juga Qualcomm Sensing Hub generasi kedua mengintegrasikan prosesor AI berdaya rendah untuk pemrosesan audio.

Beralih ke bagian modem, chipset ini menggunakan seri Snapdragon X53 5G modem-RF System, yang mana mampu menawarkan kecepatan unduh hingga 3,3Gbps pada frekuensi sub-6GHz. Prosesor tersebut juga memiliki Qualcomm FastConnect 6900 dan menawarkan kecepatan multi-gigabit Wi-Fi 6 hingga 3.6Gbps.

Lihat Juga :   Resmi Diluncurkan, Nokia 5.4 Dibanderol Mulai Dari Rp 3,2 Jutaan

Selain itu, ada juga dukungan Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2 dengan fitur audio yang sama dengan Snapdragon 888, dan teknologi Snapdragon Sound yang baru.

Qualcomm mengatakan perangkat komersial yang ditenagai oleh chipset baru diharapkan akan segera tersedia pada kuartal kedua tahun ini. WinFuture menyebut kemungkinan perangkat yang dimaksud adalah Xiaomi Mi 11 Lite 5G .

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.