Mengenal Wi-Fi Direct Berikut Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Mengenal Wi-Fi Direct Berikut Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Ponsel Android sejatinya dibuat dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Namun, tidak jarang beberapa fitur yang dibawa sering di abaikan oleh penggunanya. Padahal jika kita telisik lebih jauh, sebenarnya sistem operasi Android sudah membawa fitur paket lengkap di dalamnya.

Umumnya pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi pihak ke tiga, meskipun sebenarnya ponsel yang digunakan dibekali fitur bawaan dengan fungsi sama. Nah, salah satu fitur bawaan yang sering di abaikan tersebut adalah Wi-Fi direct.

Fitur ini tanpa disadari, sering sekali kita manfaatkan untuk keperluan bertukar file antar ponsel tanpa sambungan internet. Namun umumnya, pengguna ponsel Android lebih familiar dengan aplikasi pihak ke tiga yang memanfaatkan fungsi ini yakni Share it. Makin penasaran kan? Yuk kita bahas lebih mendalam,

Apa itu Wi-Fi Direct

Ketika mendengar kata Wi-Fi yang muncul di benak kalian pastilah soal jaringan internet bukan? Tidak salah memang, tapi fitur ini lebih dari sekedar terhubung dengan internet.

Wi-Fi Direct merupakan generai ke dua, dari Wi-fi yang biasa kita kenal saat ini. Fitur ini mampu berdiri sendiri tanpa perlu bantuan koneksi internet. Singkatnya, kita dapat saling terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus tanpa harus saling terkoneksi melalui sebuah jaringan data.

Lihat Juga :   Berkenalan Dengan Ponsel Android Komersial Pertama, HTC Dream

Wi-Fi Direct di Android

Fitur ini pertama kali muncul pada perangkat android di tahun 2010, lewat seri Samsung Galaxy S. Namun untuk sekarang, hampir semua perangkat seluler dengan sistem operasi android sudah dibekali fitur ini.

Untuk masalah kompatibilitas, fitur ini mensupport hampir seluruh perangkat pintar saat ini. Sedikit informasi, hingga kini Wi-Fi Direct telah mengantongi sertifikasi lebih dari 600 perusahaan teknologi di dunia seperti Apple, LG, Samsung, hingga Microsoft. Dan telah digunakan oleh berbagai produk pintar, seperti tablet, ponsel, laptop, dan kamera digital.

Apa saja fungsinya

Masih ingat jaman mengirim file antar ponsel menggunakan infrared, yang mana kita harus repot men-sejajarkan port koneksi ponsel? Lalu muncul Bluetooth dengan penggunaan lebih simpel namun tetap saja lambat, terutama untuk file berukuran besar? Lalu kemudian kita mengenal sebuah aplikasi bernama Share it, yang menawarkan kemampuan transfer dengan kecepatan gila tanpa peduli ukuran file? Nah yang terakhir inilah salah satu fungsi dari Wi-Fi Direct yang sering kita gunakan tanpa sadar.

Lihat Juga :   Apa Itu IMEI, Serta Bagaimana Cara Melihatnya
Tampilan UI Share it
Tampilan UI Share it

Fitur ini dapat kita manfaatkan untuk bertukar file antar perangkat hanya dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi tanpa perlu terkoneksi ke internet. Hebatnya lagi, kecepatan transfer yang ditawarkan tidak main – main kencangnya dengan ukuran file yang tidak terbatas. Dan salah satu aplikasi yang memanfaatkan fitur ini adalah Share it.

Selain digunakan untuk keperluan transfer file, kita juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk sambungan Miracast hingga NFC.

Cara menggunakannya

Cara menggunakan fitur ini sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke Pengaturan → Koneksi → Wifi → Wi-Fi Direct.

Foto : AndroidPit

Fitur ini hampir tersedia pada perangkat android dengan versi OS 4.0 ke atas. Dan untuk kemampuan native berbagi file antar perangkat, tidak semua vendor menyertakan fitur ini pada produknya. Jika sudah begitu, mau tidak mau kalian tetap harus menginstall aplikasi pihak ke tiga untuk memanfaatkannya.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai Wi-Fi Direct, semoga dapat menambah wawasan kalian seputar perangkat android. Jika kalian memiliki pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Lihat Juga :   Berkenalan dengan Sistem Operasi Android GO