MediaTek MT689X, Chipset Terjangkau Dengan Peforma Buas Segera Diluncurkan

Posted on

Droidmagz.com – Sejak bulan November tahun lalu, MediaTek secara teratur telah merilis berbagai seri chipset Dimensity ke pasaran. Sebuah laporan terbaru menyebut, saat ini MediaTek dikabarkan tengah mengembangkan sebuah chipset baru dengan nomor model MT689X. Rumor menyebut, chipset baru tersebut memiliki base arsitektur yang sama dengan chipset Exynos 1080 milik Samsung.

Seorang leaker populer asal Cina menyebut, frekuensi dan arsitektur MediaTek MT689X pada dasarnya sama dengan Exynos 1080. Chipset terbaru MediaTek tersebut dibangung dengan arsitektur 6nm, dan akan dilengkapi dengan GPU Mali G77.

Untuk peformanya sendiri, MediaTek MT689X diharapkan mampu meraih skor dikisaran angka 600K+ pada pengujian AnTuTu Benchmark. Beberapa sumber menyebut, kemungkinan chipset ini dipersiapkan untuk mengisi perangkat di kelas menengah ke atas.

Samsung sendiri dikabarkan akan merilis chipset Exynos 1080 SoC terbarunya pada tanggal 12 November mendatang. Chipset tersebut akan digunakan oleh VIVO pada seri VIVO X60 yang rencananya akan dirilis pada bulan November atau awal Desember mendatang.

Lihat Juga :   Oppo Reno4 Resmi Meluncur Hari Ini di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Sebelumnya, Exynos 1080 sempat terlihat muncul di daftar perangkat AnTuTu Benchmark. Chipset dengan basis arsitektur 5nm tersebut mampu meraih skor dikisaran 693K+. Angka tersebut bahkan telah melampaui Snapdragon 865 Plus, yang mana merupakan salah satu chipset kelas atas untuk tahun ini.

Karena chipset terbaru MediaTek tersebut dibangun dengan arsitektur yang sama dengan Exynos 1080, maka tidak ada salahnya kita berharap performanya tidak akan jauh berbeda. Setidaknya menyamai Snapdragon 865, namun dengan banderol yang lebih terjangkau tentunya.

Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar mengenai kapan MediaTek akan mengumumkan chipset terbarunya tersebut.

Gravatar Image
Menulis untuk mengisi waktu luang.