MediaTek Bakal Luncurkan Prosesor Baru Bulan Mei Nanti

MediaTek Bakal Luncurkan Prosesor Baru Bulan Mei Nanti

Baru – baru ini muncul kabar yang mengatakan MediaTek akan segera merilis prosesor terbarunya, perusahaan semi konduktor asal Taiwan tersebut diketahui akan merilis produk terbarunya tersebut pada bulan Mei mendatang.

Acara yang direncanakan akan berlangsung secara online tersebut diketahui lewat sebuah unggahan poster, di dalamnya memuat detail kapan acara akan diselenggarakan. Menurut poster tersebut, acara ini akan diadakan pada 7 Mei antara jam 14:30 dan 15:30.

MediaTek Bakal Luncurkan Prosesor Baru Bulan Mei Nanti

 

Pada pengumuman tersebut tidak banyak informasi yang diberikan, selain tagline bertuliskan “5G For All”. Namun, di media sosial Weibo muncul beberapa postingan yang menyebut MediaTek akan memperkenalkan lini prosesor baru untuk seri Dimensity.

Versi yang lebih kuat dari Dimensity 800 dan Dimensity 1000

Dalam pos Weibo tersebut disebutkan selain Dimensity 1000L (MT6885z) yang sudah diumumkan sebelumnya, serta Dimensity 800 (MT6873v) dan Dimensity 1000 (MT6889), muncul dua versi lagi Dimensity 1000 dan Dimensity 800 dengan kecepatan clock yang lebih tinggi.

Dimensity 800 diketahui memiliki kecepatan clock 2.0GHz untuk core Cortex-A76 dan Cortex-A55. Sedangkan versi baru ini tercatat kecepatan clock core-nya meningkat ke 2.2GHz sampai 2.3GHz.

Lihat Juga :   Samsung Galaxy M31s Bawa Fingerprint di Layar & Baterai 6000 mAh

Di lain sisi, Dimensity 1000 memiliki core Cortex-A77 dengan clock di 2.6GHz  dan berjalan dengan empat core Cortex-A55 pada 2.2GHz.

Belum jelas apakah ini merupakan prosesor yang benar – benar baru atau hanya sebatas prosesor lama yang dituning ulang. MediaTek bisa saja hanya melakukan tuning untuk meningkatkan kecepatan clock prosesornya, atau benar-benar membuat prosesor baru dengan mengadopsi pengaturan tri-cluster di mana salah satu core kinerja dipisahkan dan diberi kecepatan clock yang lebih tinggi.

Versi Dimensity 800 dan Dimensity 1000 yang lebih kuat tersebut kemungkinan besar akan tiba dengan nama baru ketika diumumkan nanti.

Dimensi 2000

Dalam bocoran melalui post Weibo tersebut juga mengungkapkan adanya prosesor entry-level yang disebut MT6853 dalam antrian produksi. Namun, yang lebih membuat penasaran adalah Dimensity 2000 yang disebut akan menjadi chipset paling kuat MediaTek. Akan tetapi, sampai berita ini ditulis belum ada informasi apapun terkait keberadaan prosesor satu ini.