Kontrol Aktivitas Anak di Depan Gadget Menggunakan Family Link

Kontrol Aktivitas Anak di Depan Gadget Menggunakan Family Link

Perkembangan teknologi memang ibarat pisau bermata dua. Selain membawa banyak sekali manfaat positif, teknologi nyatanya juga banyak sekali membawa sisi negatif, salah satunya adalah kecenderungan sebagian orang saat ini yang hidupnya bergantung pada gadget.

Salah satu korban dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini adalah Anak. Banyak orang tua jaman sekarang mudah memberikan anak untuk mengakses konten yang tersedia di internet, padahal kita semua tahu konten yang tersaji di internet itu tidak selamanya baik. Berangkat dari kekhawatiran ini Google membuat sebuah aplikasi bernama Google Family Link.

Apa itu Family Link?

Kontrol Aktivitas Anak di Depan Gadget Menggunakan Family Link

Google Family Link bisa dikatakan sebagai Google Account yang kusus untuk anak – anak. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya adalah fungsi kontrol untuk setiap konten yang disajikan. Kita tidak mungkin mengontrol aktivitas anak dengan gadgetnya setiap saat, tapi dengan aplikasi ini hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan.

Familiy Link dapat membatasi hasil pencarian dan mengubah konten yang disajikan menjadi relevan dengan usia si pencari. Tidak hanya itu saja, dengan aplikasi ini kita juga dapat memilih aplikasi apa saja yang boleh atau tidak digunakan oleh anak kita. Masih banyak lagi fungsi lainnya, berikut di antaranya.

Lihat Juga :   Cara Mengaktifkan Camera 2 API Asus Zenfone MaxPro M2 Tanpa UBL

Membimbing Anak mendatapkan konten sehat

Lihat aktivitas aplikasi – Bantu anak anda membuat keputusan yang sehat tentang apa yang mereka lakukan pada perangkat Android mereka, dengan laporan aktivitas yang menunjukkan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mengakses aplikasi favorit mereka. Anda dapat melihat laporan harian, mingguan, atau bulanan.

Kelola aplikasi – Memungkinkan anda menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh anak anda dari Google Play Store. Anda juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi, dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkat mereka, semuanya dari jarak jauh dari perangkat anda sendiri.

Berikan rasa ingin tahu – Mungkin sulit untuk mengetahui aplikasi apa yang tepat untuk anak anda, jadi Family Link menunjukkan kepada Anda aplikasi yang disarankan guru di Android yang dapat anda tambahkan langsung ke perangkat mereka.

Mengawasi waktu layar

Tetapkan batas – Terserah anda untuk menentukan jumlah waktu bermain yang tepat untuk anak Anda. Family Link memungkinkan anda menetapkan batas waktu dan waktu tidur untuk perangkat yang dilindungi, sehingga anda dapat membantu mereka menemukan keseimbangan yang baik.

Lihat Juga :   Tutorial Mudah Buka Kunci (Unlock) Bootloader Pada Xiaomi Mi 5

Kunci perangkat mereka – Baik saat bermain di luar, makan malam, atau hanya menghabiskan waktu bersama, Anda dapat mengunci perangkat yang diawasi dari jarak jauh kapan pun waktunya istirahat.

Lihat di mana mereka berada

Sangat membantu untuk dapat menemukan anak anda saat mereka sedang bepergian. Anda dapat menggunakan Family Link untuk membantu menemukan mereka selama mereka membawa perangkat Android mereka.

Bagaiman sangat lengkap bukan? Aplikasi ini tentu akan sangat berguna untuk para orang tua. Oiya, adapun untuk menggunakan aplikasi ini dibutuhkan perangkat dengan sistem Android 7.0 atau lebih tinggi juga dapat berjalan pada ChromeOS.