Google Dikabarkan Kembangkan Chipset Sendiri Untuk Pixel 6

Google Dikabarkan Kembangkan Chipset Sendiri Untuk Pixel 6

Droidmagz.com – Sebuah rumor terbaru mengatakan, Google saat ini tengah sibuk mengembangkan ponsel penerus dari Google Pixel series bernama Pixel 6. Meski detail spesifikasi ponsel tersebut hingga kini belum diketahui, namun beberapa bocoran menarik terus beredar selama beberapa bulan terakhir ini.

Google sendiri diperkirakan bakal merilis penerus Pixel 5 tersebut pada bulan Oktober mendatang. Tahun lalu, CEO Google Sundar Pichai telah mengatakan bahwa perusahaannya saat ini tengah melakukan investasi lebih pada sektor perangkat keras. Dirinya juga menambahkan, saat itu Google telah memiliki peta terencana untuk tahun 2021, kususnya untuk industri smartphone-nya.

Google Pixel 5 | Foto credit ©Google

Menariknya, bersamaan dengan pernyataan sang CEO tersebut, pada waktu itu muncul kabar yang menyebut Google tengah mengembangkan chipset buatannya sendiri dengan kode nama “Whitechapel”. Informasi terbaru yang dibagikan oleh 9to5Google mengungkap bahwa besar kemungkinan ponsel Pixel yang bakal dirilis pada musim gugur mendatang bakal menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset tersebut.

Ikuti langkah Apple

Sama seperti yang dilakukan Apple, Google disebut sedang mengembangkan chipset sendiri untuk digunakan pada produk smartphone dan Chromebook buatannya. Rumor yang sempat beredar pada awal tahun 2020 lalu juga mengatakan tentang kemungkinan Google menggandeng Samsung untuk mengembangkan chipset tersebut.

Lihat Juga :   Kenapa Kita Harus Menggunakan Anti Virus di Ponsel Android

Bahkan sebuah publikasi yang sebelumnya sempat beredar menunjukkan dokumen yang berisi informasi bahwa Ponsel Pixel generasi terbaru bakal ditenagai menggunkan prosesor Whitechapel.

Secara internal, chipset Whitechapel yang tengah dikembangkan Google memiliki kode angka GS101, dimana ‘GS’ bisa berarti sebagai Google Silicon. Bahkan pada aplikasi Google Camera, terdapat sebuah refrensi source code bernama “Slider”, yang mana kode tersebut dipercaya sebagai platform bersama untuk sebuah chipset baru.

Bekerjasama dengan Samsung

Chipset Exynos | Foto credit ©Samsung

Uniknya, source code tersebut juga ditemukan pada platform chipset lainnya yang tidak lain adalah Exynos milik Samsung. Ini berarti bisa saja chipset Whitechapel yang saat ini tengah dikembangkan Google berbagi platform dengan chipset Exynos milik Samsung.

Ponsel Pixel 6 sendiri kabarnya bakal memiliki kode sandi ‘Raven’ dan ‘Oriole’. Menurut XDA Developers, performa chipset GS101 milik Google bisa disejajarkan dengan chipset Snapdragon seri 7. Chipset tersebut dibangun dengan fabrikasi 5nm, yang mana mencakup dua inti CPU Cortex-A78, dua inti Cortex-A76, dan empat inti Cortex-A55 bersama dengan GPU ARM Mali.

Lihat Juga :   Resmi Dirilis, Intip Spesifikasi Samsung Galaxy S21 & Galaxy S21 Plus

Untuk saat ini detail spesifikasi Pixel 6 masih belum tersedia. Sepertinya generasi terbaru dari Pixel series ini bakal menjadi salah satu ponsel paling menarik jelang pergantian tahun mendatang.