Facebook Berencana Hadirkan Layanan Cross Chat di Messenger dan WhatsApp

Facebook dilaporkan berencana untuk menggabungkan beberapa layanan pesan instant-nya. Raksasa media sosial ini dilaporkan akan segera menghadirkan fitur cross platform untuk dua aplikasi populernya, Facebook Messenger dan WhatsApp.

Sedikit informasi, Facebook saat ini menjadi pemilik dari dua media sosial populer seperti Whatsapp dan Instagram. Sejak di akuisisi keduanya, Facebook secara berkala terus berinovasi menghadirkan berbagai fitur serta layanan menarik pada keduanya. Uniknya, fitur – fitur yang dibuat perusahaan tersebut seperti disiapkan untuk berjalan pada lintas platform. Dan benar saja, menurut sebuah laporan sebentar lagi pengguna Facebook Messenger akan dapat mengirim pesan secara langsung kepada pengguna WhatsApp.

Dikutip dari halaman WABetaInfo, seorang pengembang bernama Alessandro Paluzzi melaporkan bahwa saat ini Facebook tengah mengembangkan dukungan integrasi untuk dua platform pesan instant. Pengembang tersebut mengklaim telah menemukan beberapa refrensi menarik dalam susunan source code aplikasi Facebook. Di mana, pada susunan tersebut ditemukan sebuah tabel database lokal yang memungkinkan aplikasi untuk mengelola pesan dan layanan dari pengguna WhatsApp.

Lihat Juga :   Waduh, Ditemukan 13.500 Ponsel Vivo Dengan Nomor IMEI Sama di India

Sederhananya, Facebook nantinya mungkin bisa mendapat akses ke dalam basis data aplikasi WhatsApp. Dengan source code tersebut, Facebook nantinya dimungkinkan untuk dapat mengenail suara notifikasi push, detail obrolan, daftar kontak di blokir dan menemukan nomor telepon. Tidak hanya itu saja, laporan tersebut juga menyebutkan kemungkinan Facebook untuk mengakses data obrolan yang sudah di arsipkan, hingga melihat pesan pada grup WhatsApp.

Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini Facebook tengah mempersiapkan souce kode untuk mengisi database lokal mereka. WABetaInfo sendiri menyebut kemungkinan Facebook akan meluncurkan fitur ini dalam waktu dekat. Meski begitu, belum ada konfirmasi resmi dari Facebook terkait berita ini.