Cara Mudah, Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Cara Mudah, Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Untuk anda yang baru ingin belajar mengotak – atik smartphone android, tentu masih sangat awam terkait beberapa langkah sebelum memulai bukan?

Meskipun sistem operasi android memungkinkan untuk di modifikasi, ada beberapa tahap yang harus kalian lakukan terlebih dahulu sebelum memluai-nya. Salah satunya adalah dengan membuka menu Developer mode.

Mengapa developer mode perlu diaktifkan

Sebelum kalian mencoba mengotak – atik sistem operasi, seperti flashing, menginstal aplikasi tertentu, hingga menambahkan beberapa tweak tertentu pada ponsel. Di dalam menu Developer mode ada beberapa menu tambahan yang sangat penting kaitannya untuk memodifikasi sistem android. Salah satunya adalah USB Debugging. Lalu bagaimana langkah – langkahnya?

Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Pertama masuk ke menu pengaturan ponsel kalian, lalu cari menu ‘Tentang Ponsel‘. Penempatan menu ini bisa berbeda tergantung UI ponsel yang digunakan, yang jelas semua ponsel android pasti ada menu ini.

Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Jika sudah menemukan menu tentang ponsel masuk ke dalam menu tersebut, lalu cari baris yang berisi ‘Informasi perangkat lunak‘. Kemudian masuk ke dalam menu tersebut.

Lihat Juga :   5 Cara Ampuh Perbaiki Masalah Bluetooth Susah Tersambung di Android

Setelah berada di dalam menu ‘Informasi perangkat lunak‘, selanjutnya cari baris bernama ‘Nomor versi‘ lalu ketuk pada kolom tersebut sebanyak 9 kali. Atau hingga muncul pop up bertuliskan ‘Selamat anda sekarang seorang pengembang‘.

Memunculkan Menu Developer Mode Pada Android

Jika sudah muncul pop up pemberitahuan tersebut, kembali lagi ke menu pengaturan. Lalu cari menu baru bernama ‘Developer menu‘ atau ‘Menu Pengembang‘.

Untuk mengaktifkan USB Debugging, cukup masuk ke menu pengembang tersebut. Lalu cari baris berbunyi ‘Aktifkan USB debugging‘, pilih pada kolom tersebut dan selesai.

Bagaimana tutorial di atas, apakah cukup mudah untuk di mengerti? Jika kalian memiliki pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan kirimkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.