Cara Mudah Buka File Berformat ENC di HP Android

Cara mudah buka file berformat ENC di HP Android

Sebagai aplikasi pesan instant dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di Dunia, Whatsapp terus berbenah terkait keamanan privasi bagi pengunanya. Salah satu cara yang digunakan oleh whatsapp adalah dengan meng-enkripsi setiap pesan yang dikirim-kan melalui layanannya.

Ketika menggunakan layanan Whatsapp, ada kalanya kita mengirim atau menerima file yang tiba – tiba berubah menjadi file yang ter-enkripsi dan pasti sering membuat panik untuk sebagian orang. Enkripsi file pada layanan Whatsapp ini biasanya memiliki ekstensi .ENC, dan perlu sedikit usaha untuk membukanya.

Apa itu ekstensi .ENC?

File ENC adalah file yang disandikan menggunakan salah satu dari beberapa jenis penyandian standar atau kepemilikan. File dengan ekstensi .enc dikodekan untuk membantu melindungi file dari penggunaan yang tidak sah, atau untuk membantu mengatur file pada proses transfer melalui jaringan Internet.

File ekstensi ini dapat dibuka dengan mudah menggunakan program seperti StuffIt Deluxe, namun sayangnya program tersebut hanya tersedia untuk Windows, Mac dan iOS saja. Lalu bagaimana dengan Android?

Lihat Juga :   Cara Mengatasi Kunci Layar Yang Dinonaktifkan Administrator

Cara Mudah Buka File Berformat ENC di HP Android

Ada beberapa metode mebuka file dengan ekstensi .enc di perangkat Android, yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ke tiga, menggunakan ekstraktor online atau dengan mengubah format tersebut ke dalam bentuk lain.

1. Menggunakan aplikasi pihak ke tiga : Zarchiver

Cara mudah buka file berformat ENC di HP Android

Zarchiver merupakan aplikasi ekstraktor terbaik di Android. Selain mendukung banyak sekali format, aplikasi ini juga bisa kalian dapatkan secara gratis. Namun jika kalian merasa terbantu dengan aplikasi ini, kalian juga dapat men-support dengan cara menyumbang ke pihak pengembang berapapun nominalnnya.

a) Download aplikasi Zarchiver di Play Store.

b) Buka lalu cari file yang ingin di ekstrak.

c) Setelah ketemu tinggal tap, dan pilih menu ekstrak file.

d) Tunggu aplikasi mengekstrak file tersebut.

e) Jika sudah, Zarchiver akan mengarahkan ke folder penyimpanan hasil ekstrak.

f) Selesai.

2. Menggunakan ekstraktor online : Extrac.me

Cara mudah buka file berformat ENC di HP Android

Extrac.me merupakan situs yang menyediakan layanan ekstraktor secara gratis, halaman ini mendukung kurang lebih 54 jenis ekstensi file. Penggunaannya cukup mudah,

Lihat Juga :   Mengatur APN dan DNS Pada Android, Fix Koneksi Internet Menyambungkan

a) Buka situs : Extrac.me.

b) Unggah File yang ingin dibuka.

c) Tunggu sampai proses selesai.

d) Selanjutnya tinggal unduh file hasil ekstrak tadi.

e) Selesai.

3. Mengubah format ke bentuk lain

Cara mudah buka file berformat ENC di HP Android

Cara ini bisa dikatakan paling mudah namun cukup banyak juga kendalanya, biasanya tidak semua file .enc mau diekstrak dengan cara ini. Tapi bagi kalian yang mungkin mau mencobanya, tidak ada salahnya untuk mempraktekannya.

a) Gunakan aplikasi file manager handphone kalian (lebih disarankan gunakan aplikasi Root Explorer).

b) Car file ber- ekstensi .enc.

c) Kemudian rename ekstensi file tersebut menjadi .zip (contoh : abcd.enc = abcd.zip).

d) Buka dan lihat hasilnya.

e) Selesai.

Bagaimana tutorial mengenai Cara Mudah Buka File Berformat ENC di HP Android di atas, mudah untuk dipahami dan dipraktekkan bukan? Jika ada pertanyaan seputar tutorial yang dibagikan ini silahkan tulis saja di kolom komentar ya.