Berkenalan dengan Sistem Operasi Android GO

Berkenalan dengan Sistem Operasi Android GO

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika sistem operasi Android mempunyai beberapa varian. Salah satu yang saat ini tengah ramai dibicarakan adalah Android GO edition. Lalu apa saja kelebihan sistem operasi ini?

Android GO merupakan sistem operasi Android yang dirancang seminimalis dan seringan mungkin untuk digunakan pada device dengan spesifikasi hardware rendah. project ini bertujuan untuk membuat perangkat pintar berbasis Android dengan harga murah, sehingga mudah di jangkau oleh semua kalangan.

Mengapa Android GO?

Sudah menjadi rahasia umum jika resource sistem Android semakin hari bertambah berat. Untuk mendapatkan performa maksimal menggunakan sistem operasi ini, tentu dibutuhkan perangkat yang memiliki spesifikasi cukup tinggi.

Foto : Redmi Go

Masalahnya perangkat dengan peforma tinggi terkadang harus ditebus dengan harga yang tidak murah. Berangkat dari permasalahan tersebut, Google sebagai pemilik Android OS mencoba membuat varian Android yang dapat berjalan pada perangkat ber-spesifikasi rendah lewat proyek bernama Android Go.

Apa bedanya dengan Android biasanya?

Secara sekilas tidak ada perbedaan yang mencolok antara Android Go dengan Android standar. Namun jika diamati lebih teliti lagi, mungkin perbedaan yang bakal kalian temukan ada pada aplikasi yang di install.

Lihat Juga :   Berkenalan Dengan Ponsel Android Komersial Pertama, HTC Dream
Aplikasi Android GO
Foto : App Go

Di Android GO aplikasi pre-install merupakan aplikasi yang di desain khusus dengan nama App Go. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, App Go merupakan aplikasi hasil modifikasi yang di desain seringan mungkin dengan membuang beberapa fitur yang tidak dibutuhkan.

Tujuan-nya sudah pasti, yakni supaya aplikasi tersebut bisa berjalan lancar pada ponsel dengan hardware berspesifikasi rendah.

Apa kelebihan Android GO?

Kelebihan yang paling terlihat jelas ada pada harga device yang jauh lebih murah. Selain itu, UI Android GO sangat ringan dan smooth, sangat nyaman untuk digunakan.

Hal tersebut terjadi lantaran banyaknya preset Android standar yang dihilangkan untuk membuat sistem operasi ini seringan mungkin. Belum lagi basic OS Android GO yang menggunakan UI Stock Android, jadi bisa dibayangkan dong seberapa enteng-nya sistem operasi ini.

Apa Kekuarangan Android GO?

Kekurangan Android Go mungkin ada pada keterbatasan resource device yang menjalankan operasi ini. Secara fungsional sebenarnya tidak ada masalah jika dipaksa menjalankan aplikasi standar sekalipun, masalahnya ada pada kapasitas memori yang tersedia biasanya sangat terbatas.

Lihat Juga :   Apa Itu Penyimpanan UFS 3.0, Serta Apa Kelebihannya?

Maklum saja, karena memang target pasar untuk device yang menggunakan sistem operasi ini adalah orang yang baru ingin mengenal smartphone Android. Jadi tidak ada spesifikasi tinggi, maupun kapasitas memori lega. Semua serba terbatas demi menekan harga jual.

Untuk Siapa Android GO ini?

Android GO sangat cocok untuk dijadikan sebagai ponsel cadangan, atau bagi kalian yang ingin merasakan smartphone Android itu seperti apa.

Sementara itu untuk kalian yang mencari ponsel untuk keperluan gaming, atau kegiatan multimedia lainnya, sebaiknya hindari membeli ponsel yang menggunakan OS ini. Bukan tidak support atau tidak bisa digunakan, hanya saja perangkat ini tidak akan sanggup menjalankan kebutuhan kalian dengan optimal.