Berkenalan Dengan Ponsel Android Komersial Pertama, HTC Dream

P​ernahkah terpikirkan dalam benak kalian, seperti apa bentuk ponsel Android pertama? Melihat dominasi smartphone bersistem operasi Android saat ini pasti anda akan berpikir Android pertama berasal dari Samsung​.

Tidak mengherankan jika kalian berpikir demikian, kenyataannya pada saat ini jajaran produk Samsung memang tengah mendominasi pasar smartphone Android di dunia.

Namun tahukah kalian, produsen smartphone yang pertama kali merilis ponsel Android untuk pasar komersial bukanlah Samsung. Melainkan salah satu produsen ponsel pintar asal Taiwan, yakni HTC.

Pada tahun 2008 silam, HTC memperkenalkan sebuah smartphone bersistem operasi Android pertama yang diberi nama HTC dream.

Bentuk fisik HTC dream masih khas ponsel jaman dulu, dimana mempunyai keunikan tersendiri pada desain yang dibawanya. Tidak seperti kebanyakan desain smartphone jaman sekarang yang terlihat monoton.

HTC dream dibekali Tombol menu dan navigasi di bagian bawah layar, lengkap dengan tombol Qwerty keyboard yang bersembunyi ala nokia E75. Dahulu desain seperti ini sangatlah booming, inovatif namun terlihat simpel.

Lihat Juga :   Apa Itu NFC, Serta Bagaimana Cara Memeriksanya

Untuk spesifikasi yang dibawa, masih sangat standar ponsel jaman dulu. HTC dream menggunakan OS Android V1.6 (Donut), dan ditenagai menggunakan chipset Qualcomm seri MSM7201A 528MHz ARM11. Memori Internalnya hanya mempunyai kapasitas 192MB, sedangkan memori RAM-nya hanya berukuran 256MB.

Ponsel ini membawa layar LCD berjenis TFT dengan ukuran 3.5 inci, serta kamera utama dengan resolusi 3,15 MP. Hebatnya, HTC Dream sudah dibekali koneksi jaringan HSDPA pada waktu itu.

Meskipun tergolong memiliki spesifikasi cukup tinggi di kala itu, penjualan HTC dream nyatanya kurang memuaskan. Penyebabnya kala itu masih banyak orang yang belum mengenal Android, ditambah pasar smartphone yang masih dikuasai dua raksasa teknologi komunikasi Nokia dan Blackberry.