Bandingkan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s vs Galaxy A11 vs Galaxy M11

Bandingkan Spesifikasi Samsung Galaxy A10s vs Galaxy A11 vs Galaxy M11

Droidmagz.com – Samsung memiliki sejumlah seri smartphone dengan harga terjangkau di pasaran. Beberapa yang cukup familiar di kalangan pengguna gadget tanah air adalah, Samsung Galaxy A10s, Galaxy A11, dan Galaxy M11. Berada di segmen harga satu jutaan, seperti apakah spesifikasi ketiga model tersebut?

Samsung Galaxy A10s merupakan smartphone yang dirilis sejak akhir tahun lalu, ponsel ini menjadi penerus dari Galaxy A10 yang cukup populer sebelumnya. Berlanjut ke Samsung Galaxy A11, ponsel ini hadir dengan tampilan yang benar – benar baru. Lihat saja bagian layar ponsel ini, terdapat sebuah lubang punch hole khas ponsel mahal Samsung. Galaxy M11 menjadi varian termurah dari Galaxy M series yang terkenal dengan kapasitas baterai-nya yang luar biasa besar.

Desain

Secara keseluruhan ketiganya hampir tidak memiliki perbedaan, kecuali pada desain layar yang digunakan. Pada Galaxy A11 dan Galaxy M11, layar yang digunakan hadir dengan desain infinity-O. Sedangkan layar pada Galaxy A10s masih menggunakan desain dew-drop khas ponsel Samsung tahun lalu.

Secara dimensi, Baik A11 dan M11 memiliki ukuran sama. Sementara untuk A10s, dimensi ponsel ini sedikit lebih mungil dibanding dua adik – adiknya. Untuk material body, ketiganya hadir dengan frame berbahan dasar plastik glossy khas ponsel murah Samsung.

Tampilan

Beralih ke bagian layar, ketiga ponsel ini hadir dengan layar PLS TFT yang mana menawarkan rasio tampilan HD+. Untuk ukuran layar, baik Samsung Galaxy A11 dan Galaxy M11 keduanya hadir dengan panel layar berukuran 6,4 inci (750 x 1560 piksel). Sedangkan untuk Samsung Galaxy A10s, ponsel ini hadir dengan layar berukuran sedikit lebih kecil  6,2 inci (750 x 1520 piksel).

Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Redmi Band vs Xiaomi Mi Band 4 vs Honor Band 5

Sayangnya tidak ada keterangan mengenai lapisan pelindung layar yang digunakan. Untuk berjaga – jaga kami tetap menyarankan untuk menggunakan lapisan pelindung tambahan seperti screen guard atau tempered glass.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Samsung Galaxy A11 dan Galaxy M11 sama – sama menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450, sementara Samsung Galaxy A10s ditenagai oleh chipset buatan MediaTek dengan Helio P22. Secara peforma, kedua chipset tersebut hampir seimbang. Hanya saja secara efisiensi Snapdragon 450 sedikit lebih baik dibandingkan dengan Helio P22 MediaTek.

Untuk konfigurasi memori penyimpanan, Galaxy A11 dan M11 hadir dengan RAM berukuran 3GB dan memori internal 32GB. Sedangkan untuk Galaxy A10s, ponsel ini hadir dengan konfigurasi memori 2GB RAM dan 32GB memori internal. Ketiganya menyediakan slot untuk memori eksternal berjenis MicroSD.

Samsung Galaxy A10s hadir dengan sistem operasi Android 9 (pie). Tapi tenang, sistem operasi tersebut dapat di upgrade ke Android 10. Sementara untuk Galaxy A11 dan M11, keduanya sudah dibekali Android 10 secara default. Ketiganya menggunakan user interface terbaru Samsung, OneUI 2.0.

Kamera

Samsung Galaxy A11 dan M11 hadir dengan konfigurasi triple kamera, yang mana terdiri dari lensa utama 13MP, f/1.8, 27mm (wide). Lensa ultrawide 5 MP, f/2.2, 14mm, dan lensa kedalaman (depth) 2 MP, f/2.4. Sedangkan untuk Samsung Galaxy A10s, ponsel ini hanya menyediakan konfigurasi dual kamera yang terdiri dari lensa utama 13 MP, f/1.8, 28mm (wide) dan lensa kedalaman 2 MP, f/24.

Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Redmi K30 Pro vs Xiaomi Mi 10

Untuk fitur, ketiganya mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p@30fps. Juga tersedia beberapa fitur pendukung seperti LED Flash, mode panorama, dan HDR. Sedikit informasi, Kamera utama pada Galaxy A10s dan A11 mendukung fokus AF. Sementara untuk Galaxy M11, fokus yang digunakan adalah PDAF. Mana yang terbaik? Sama saja, hanya dalam beberapa kasus fokus AF lebih detail dan cepat dalam menangkap gambar.

Untuk kamera depan, ketiganya membawa sebuah lensa wide berukuran 8 MP, f/2.0. Untuk kamera depan, hanya lensa Samsung Galaxy M11 yang support fitur HDR mode.

Fitur Lain

Ketiganya hadir dengan dukungan dual SIM card, dan jaringan 4G. Untuk konektivitas kabel, Samsung Galaxy A10s sedikit ketinggalan dengan port microUSB 2.0 jadulnya. Sementara baik Samsung Galaxy A11 maupun M11, keduanya sudah didukung dengan port USB Type-C 1.0. Tidak ketinggalan, semuanya masih menyediakan port untuk Jack Audio 3.5mm.

Tidak ada NFC, tidak ada infrared port. Tersedia Bluetooth 4.2, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n dengan dukungan direct & hotspot. Untuk sensor, tersedia Fingerprint yang terletak di bagian belakang ponsel. Serta sensor pendukung seperti accelerometer dan proximity, semuanya lengkap tersedia.

Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Realme C12 vs Redmi 9C vs Infinix Hot 9

Baterai

Di sektor baterai, Samsung Galaxy M series jelas lebih unggul. Seri ini memang terkenal dengan ponsel berkapasitas baterai jumbo. Samsung Galaxy M11 contohnya, ponsel ini datang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sementara dua pesaing-nya hanya membawa baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Untuk fitur pengisian cepat, M11 dan A11 sudah mendukung teknologi fast charging dengan out-put maksimal 15W. Sementara untuk Galaxy A10s, fitur ini tidak tersedia.

Harga

Samsung Galaxy A10s memiliki banderol Rp 1.749.000. Sementara untuk Samsung Galaxy A11, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 1.999.000. Dan terakhir untuk Samsung Galaxy M11, ponsel ini memiliki banderol Rp 1.899.000. Harga tersebut diambil dari situs resmi Samsung Indonesia, harga bisa saja berubah.

Mana yang harus di beli?

Jika anda adalah tipe orang yang sering berkegiatan outdoor, atau orang yang sangat membutuhkan ponsel dengan daya hidup lama, Samsung galaxy M11 dapat anda jadikan pilihan. Namun jika kalian mencari ponsel dengan kemampuan multimedia, atau lebih mengedepankan beberapa fitur hiburan seperti kamera. Samsung Galaxy A11 adalah pilihan yang sangat pas.

Dan terakhir adalah Samsung Galaxy A10s. Ponsel ini sebenarnya cukup lumayan untuk urusan spesifikasi, harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. Akan tetapi jika kita bandingkan dengan dua saudaranya di atas, sepertinya ponsel ini lebih baik dijadikan sebagai opsi terakhir saja ya.