Bandingkan Spesifikasi Redmi K30 Pro vs Xiaomi Mi 10

Bandingkan Spesifikasi Redmi K30 Pro vs Xiaomi Mi 10

Pada rubrik compare kali ini kita akan mengadu dua seri smartphone yang sebenarnya masih bersaudara, Redmi K30 dan Xiaomi Mi 10. Keduanya merupakan ponsel Flagship yang diluncurkan hampir bersamaan di awal tahun ini.

Redmi K30 merupakan ponsel dengan performa tinggi yang dibuat oleh Redmi, anak perusahaan dari Xiaomi. Redmi K series sering dijuluki sebagai flagship killer, termasuk juga dengan Redmi K30. Smartphone ini membawa spesifikasi kelas atas, namun dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

Beralih ke penantang. Di sini kita mempunyai ponsel flagship dari Xiaomi, Mi 10. Sebagai ponsel flagship tentu saja spesifikasi yang dibawa smartphone ini tidak main – main. Xiaomi benar – benar all out dalam merancang jagoannya ini, cantik, kencang, kamera oke, dan harga yang masih masuk akal dibanding kompetitornya. Apa lagi yang kurang dari ponsel satu ini?

 

Desain

Keduanya hadir dengan desain candy bar, dan membawa tampilan layar penuh. Perbedaan mungkin bisa dilihat dari penempatan kamera depan keduanya. Redmi K30 memiliki kamera depan bergaya pop-up, sedangkan Mi 10 hadir dengan desain punch hole pada kamera depannya.

Perbandingan desain K30 Pro dan Mi 10
Desain Mi 10 dan K30 Pro

Secara tampilan kami lebih suka desain kamera pop-up ala Redmi K30.  Terlihat tidak membosankan, dan terlihat canggih. Desain seperti ini sebenarnya bukan merupakan hal baru, bahkan sudah banyak produsen smartphone mulai meninggalkan rancangan kamera seperti ini karena biaya produksi yang sedikit lebih mahal.

Lihat Juga :   Compare Samsung Galaxy A5 2016 vs Samsung Galaxy A5 2017

Selanjutnya beralih ke material body yang digunanakn. Pada bagian ini, kami lebih suka Mi 10 yang notabene memiliki material body lebih berkualitas dibanding Redmi K30. Xiaomi membekali flagshipnya tersebut dengan material body berbahan alumunium yang dipadukan dengan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass. Sementara itu seperti biasa, Redmi K30 hanya tampil dengan material body berbahan dasar plastik.

Tampilan

Mi 10 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6.67 inci. Layar tersebut memiliki resolusi FHD+ dengan 1080 x 2340 piksel, serta mempunyai aspek rasio 19.5:9. Layar Mi 10 juga sudah mendukung kemampuan HDR10+, serta refresh rate 90Hz. Panel layarnya sendiri dibuat dengan desain melengkung di bagian sisi, dan dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Perbandingan layar kedua perangkat
Foto credit ©Gizmochina

Beralih ke Redmi K30 Pro, ponsel ini hadir dengan layar datar berjenis Super AMOLED berukuran 6.67 inci. Layar tersebut memiliki resolusi FHD+ dengan 1080 x 2400 piksel, dan membawa aspek rasio 20 : 9. Panel layar yang digunakan Redmi K30 Pro juga sudah mendukung kemampuan HDR10+, dengan refresh rate 60Hz.

Untuk tampilan visual Mi 10 jelas menawarkan pengalaman lebih berkat kemampuan refresh rate 90Hz yang dibawanya. Hanya saja, desain layarnya yang dibuat melengkung terkadang malah membuat repot jika tersentuh secara tidak sengaja.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Keduanya perangkat ini hadir dengan chipset besutan Qualcomm dengan seri Snapdragon 865 SoC. Secara peforma tentu tidak ada yang meragukan ketangguhan chipset ini, masih yang terbaik di kelasnya untuk saat ini. Akan tetapi meski dibekali chipset sama persis, kedua ponsel tersebut ternyata membawa konfigurasi memori yang berbeda.

Lihat Juga :   Compare Realme 5 vs Realme 5 Pro
Hasil benchmark
Foto credit ©AnTuTu

Redmi K30 Pro dibekali RAM bertipe LPDD4X, selain itu ponsel ini juga sudah menggunakan memori penyimpanan dengan tipe UFS3.1. Sementara untuk Mi 10, ponsel ini hanya dibekali penyimpanan bertipe UFS3.0. Berkat konfigurasi memori tersebut, Redmi K30 Pro unggul 10% lebih cepat dari pada Mi 10. Bahkan dalam tes menggunakan Geekbench 5, Redmi K30 Pro mampu mengungguli Mi 10 dalam beberapa pengujian.

Untuk Sistem operasi yang digunakan, keduanya hadir dengan Android 10 yang dikustomisasi menggunakan MIUI. Redmi K30 Pro hadir dengan MIUI versi 11, sedangkan Mi 10 datang dengan menggunakan MIUI 12. Meskipun begitu, keduanya sama – sama bakal mendapatkan update untuk ke depannya.

Kamera

Redmi K30 Pro hadir dengan konfigurasi, 64MP lensa utama, 5MP lensa tele, 13MP lensa ultra wide, dan 2MP lensa kedalaman. Sedangkan Xiaomi Mi 10 datang dengan konfigurasi, 108MP lensa utama, 13MP ultra wide, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa kedalaman.

Tampilan kamera Mi 10 & K30 Pro

Dari beberapa pengujian yang dilakukan, kamera Mi 10 mampu menawarkan warna dengan satruasi lebih jelas dibanding Mi 10. Tapi bukan berarti kamera 64MP yang dibawa Redmi K30 Pro jelek, ponsel tersebut juga mampu menawarkan warna natural yang terlihat alami.

Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Realme C3 vs Redmi 8A Pro

Hasil di atas sangat wajar mengingat perbedaan ukuran piksel yang dibawa kedua-nya. Terlebih hampir setiap produk Redmi mengejar efektivitas biaya produksi, sangat masuk akal jika kemampuan kameranya tidak bisa di adu dengan flagship sekelas Mi series. Sementara itu, untuk kamera selfie keduanya sama – sama membawa satu buah lensa berukuran 20MP.

Baterai

Perbandingan kecepatan pengisian
Foto credit ©Gizmochina

Pada bagian ini keduanya dibekali baterai dengan kapasitas hampir sama. Redmi K30 Pro menggunakan baterai dengan kapasitas 4.700 mAh, sedangkan Mi 10 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.780 mAh. Secara fitur keduanya membawa perbedaan cukup besar.

Xiaomi Mi 10 hadir dengan teknologi pengisian cepat hingga 50W, dan wirless charging 30W. Sementara Redmi K30 Pro hanya membawa kemampuan pengisian cepat dengan max output 33W saja.

Fitur Lainnya

Baik Redmi K30 Pro maupun Xiaomi Mi 10, keduanya datang dengan konektivitas 5G. Keduanya juga membawa dukungan slot untuk dual SIM Card, dan tidak menyediakan slot tambahan untuk memori eksternal. Untuk keamanan tambahan, dua ponsel ini dibekali dengan sensor finger print yang diletakkan di bagian bawah layar. Tidak ketinggalan keduanya turut menyediakan dukungan NFC sebagai metode pembayaran digital.