Bandingkan Spesifikasi Redmi Band vs Xiaomi Mi Band 4 vs Honor Band 5

Bandingkan Spesifikasi Redmi Band vs Xiaomi Mi Band 4 vs Honor Band 5

Sekarang ini perangkat wearable menjadi salah satu gadget yang harus dimiliki oleh sebagian besar orang setelah smartphone. Smartband menjadi salah satu perangkat wearable paling laris untuk saat ini, perangkat kecil ini dapat membantu memantau kesehatan si pengguna atau sekedar dijadikan sebagai aksesoris pendukung gaya saja.

Bandingkan Spesifikasi Redmi Band vs Xiaomi Mi Band 4 vs Honor Band 5

Di antara banyaknya merek smartband diluar sana, ada tiga merek yang menurut kami layak untuk dibeli. Ketiganya adalah Redmi Band , Xiaomi Mi Band 4 , dan Honor Band 5. Selain harganya terjangkau, ketiganya juga memiliki build quality serta image brand bagus. Untuk itu lewat artikel ini kami akan membandingkan spesifikasi ketiganya, mana yang paling layak untuk dimiliki.

 Xiaomi Mi Band 4Honor Band 5Redmi Band
Layar0.95 inches, AMOLED, curved glass0.95 inches, AMOLED, curved glass1.08 inches, OLED, flat glass
Anti AirUp to 5 ATM (50m)Up to 5 ATM (50m)Up to 5 ATM (50m)
KonektivitasNFC (versi china)NFCTidak Ada
Heart SensorAdaAdaAda
BateraiUp to 20 daysUp to 14 daysUp to 14 days
Port ChargerCustomCustomUSB - A
Fitur TambahanTidak AdaSpO2 sensorTidak Ada
Pilihan Mode Menu6105
Notifikasi SUpportAdaAdaAda
Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Realme 6 vs Realme 6i vs Realme 6 Pro

Desain dan tampilan

Secara desain kami lebih suka dengan model Xiaomi Mi Band 4 atau Honor Band 5, terlihat lebih elegan dengan sudut membulat di setiap sisinya. Sementara Redmi Band membawa desain kaku dengan sudut kotak di sudutnya, panel layarnya pun dibuat rata yang malah menimbulkan kesan jadul dan murah.

Untuk dukungan aksesoris Mi Band 4 memiliki varian lebih banyak, berbagai model strap banyak tersedia di toko online ataupun offline. Demikian juga Honor Band 5, aksesoris yang tersedia juga cukup beragam meskipun tidak sebanyak Mi Band 4. Sementara Redmi Band karena tergolong produk baru, belum banyak pilihan aksesoris yang tersedia.

Perangkat lunak dan fitur

Meskipun memiliki harga cukup terjangkau, ketiganya membawa banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk kebugaran. Ketiganya dibekali kemampuan monitoring seperti, detak jantung, langkah, jarak dan kemampuan mengelola notifikasi dari ponsel anda.

Dalam hal fitur yang paling canggih dari ketiganya adalah Honor Band 5. Selain beberapa sensor umum yang biasa anda temukan pada perangkat pintar jenis ini, Honor Band 5 sudah dilengkapi dengan sensor SpO2. Sensor ini berguna untuk memantau saturasi oksigen dalam aliran darah. Sebuah fitur yang sangat bermanfaat bagi anda yang doyan olah raga outdor yang menuntut fisik kuat seperti pendaki gunung.

Lihat Juga :   Compare Realme 5 vs Realme 5 Pro

Untuk konektivitas, Honor Band 5 menyediakan konektivitas NFC yang bisa digunakan untuk pembayaran mobile. Xiaomi Mi Band 4 juga menyertakan NFC, tapi kusus untuk versi region China. Sementara untuk Redmi Band tidak menydiakan opsi ini.

Baterai

Dalam konsumsi daya, Xiaomi Mi Band 4 menjadi yang teratas karena dapat bertahan hingga 20 hari dengan sekali pengisian daya. sedangkan Redmi Band dan Honor Band 5hanya mampu bertahan hingga 14 hari.

Tetapi dalam hal ke’simpel’an Redmi Band unggul dari kedua kompetitornya, smartband satu ini tidak membutuhkan adaptor khusus untuk mengisi daya. Untuk mengisi daya Redmi Band, anda hanya perlu melepas bagian tali strap lalu menghubungkannya ke port USB-A.

Harga

Untuk harga ketiganya hampir setara, Xiaomi Band 4 berada dikisaran Rp 325.000 – Rp 350.000. Sementara untuk Honor 5 berada di kisaran Rp 350.000 – Rp 370.000, dan Redmi Band karena masih merupakan produk baru belum banyak penjual yang memasukkan smartband ini ke Indonesia, namun kami sempat melihat salah satu iklan di situs e-commerce harga untuk smarband redmi ini berada dikisaran Rp 300.000an.

Catatan : Harga dapat berbeda dan tidak mengikat. Daftar harga merupakan hasil dari pencarian di beberapa situs E-Commerce Indonesia.

Penilaian akhir

Redmi Band menjadi yang paling terjangkau soal harga, tetapi untuk fitur yang dibawa masih tertinggal ketimbang dua pesaingnya. Honor Band 5 hadir dengan lebih banyak fitur, tetapi Xiaomi Mi Band 4 memiliki aplikasi pendamping seperti MiFit yang membawa berbagai fitur canggih di dalamnya.

Lihat Juga :   Bandingkan Spesifikasi Redmi Note 9S vs Realme 6s vs OPPO A52

Yang mana yang harus anda pilih? Jawabannya tentu saja bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda tidak memerlukan sensor SpO2 dan perangkat yang memantau semua mode olahraga berat, maka Xiaomi Mi Band 4 menjadi pilihan terbaik yang dapat kami sarankan.

Namun jika anda seorang pecinta olah raga berat, Honor Band 5 sangat kami sarankan karena membawa beragam fitur yang sangat mendukung aktivitas olah raga. Dan terakhir untuk anda yang tidak terlalu peduli dengan berbagai fitur yang saya sebutkan di atas, Redmi Band menjadi pilihan yang bijak dengan harga yang terjangkau.