Apa Itu NFC, Serta Bagaimana Cara Memeriksanya

Apa Itu NFC, Serta Bagaimana Cara Memeriksanya

Pada rubrik droidpedia ini, kita akan membahas mengenai apa itu NFC. Near Field Communication (NFC) adalah sebuah teknologi nirkabel yang dapat digunakan untuk mentransfer data antara dua perangkat. Baik itu mengirim foto, video, file, atau sekedar melakukan pembayaran.

Lalu bagaimana kita tahu apakah sebuah handphone support dengan teknologi ini? berikut penjelasan lengkap serta cara untuk memeriksanya.

Apa itu NFC

Apa Itu NFC
Gambar : medium

Nama untuk teknologi NFC sebenarnya memberikan  gambaran tentang bagaimana cara kerja teknologi tersebut. Teknologi ini dapat digambarkan sebagai dua buah perangkat yang berdekatan (Near), dan berada dalam satu tempat/bidang (Field) untuk saling terkomunikasi/koneksi (Communication).

Komunikasi tersebut terjadi melalui sebuah gelombang frekuensi radio. Kalian dapat melihat ikhtisar NFC berikut cara kerjanya melalui link ini.

Dalam dunia mobile, NFC sebagian besar diperuntukkan sebagai alat berbagi data atau metode pembayaran. Kehadiran NFC di Android memungkinkan perangkat yang sama untuk membaca atau menulis ke sebuah tag NFC yang telah setting, sekaligus saling terhubung antara satu dengan lainnya.

Lihat Juga :   Mengenal Teknologi LDAC Yang Akan Hadir di Android O

Memeriksa NFC

NFC tersedia lebih banyak pada produk ponsel kelas atas di luar sana. Tetapi ada beberapa produsen Smartphone yang menghadirkan fitur ini pada produknya dengan harga lebih terjangkau.

Apa Itu NFC
Gambar : adrianisen

Salah satu cara untuk memeriksa apakah perangkat anda memiliki NFC  atau tidak, adalah dengan mencari log NFC yang biasanya ditemukan di bagian belakang ponsel. Pada ponsel Samsung, anda bisa melihat modul NFC tersebut dicetak pada kemasan baterai.

Tetapi cara tersebut hanya berlaku untuk perangkat Samsung dengan tipe lama, karena sebagian besar model smartphone Samsung saat membawa desain backdoor non removable.

Memeriksa NFC

Pada perangkat Xperia, melihat keberadaan fitur ini lebih mudah lagi. Anda akan melihat Tanda ‘N‘ di bagian belakang perangkat, jika memang perangkat tersebut dibekali fitur NFC.

Memeriksa NFC

Simbol N tersebut merupakan logo resmi yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut membawa fitur NFC. N-Mark juga berfungsi sebagai petunjuk lokasi modul NFC tersebut dipasang.

Namun meskipun anda tidak bisa melihat langsung modul NFC, anda tetap dapat memeriksa keberadaan fitur tersebut lewat menu setting pada ponsel. Caranya cukup mudah,

  1. Di perangkat Android Anda, silahkan masuk ke menu “Pengaturan.”
  2. Pilih “Perangkat yang terhubung.”
  3. Pilih “Preferensi koneksi.”
  4. Anda akan melihat opsi “NFC” dan “Android Beam”.
Lihat Juga :   Mengenal Wi-Fi Direct Berikut Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Tergantung pada perangkat Anda, kedua opsi ini bisa ditemukan di menu yang berbeda. Jika anda tetap tidak dapat menemukannya, buka menu pengaturan lalu ketuk ikon pencarian di ruas kolom pencarian bagian atas. Selanjutnya ketikan “NFC“. Jika ponsel anda memang memiliki fitur ini, opsi NFC akan secara otomatis muncul.

Mengaktifkan NFC

Mengaktifkan NFC
Gambar : Lifewire

Jika perangkat Anda memiliki NFC, chip dan Android Beam perlu diaktifkan agar NFC dapat digunakan. Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke menu Android anda, ketuk pada “Pengaturan.”
  2. Pilih “Perangkat yang terhubung.”
  3. Pilih “Preferensi koneksi.”
  4. Anda akan melihat opsi “NFC” dan “Android Beam”.
  5. Nyalakan keduanya.
Kemampuan NFC smartphone beroperasi bersama dengan Android Beam. Jika Android Beam dinonaktifkan, hal tersebut dapat membatasi beberapa fitur yang disediakan.

Oke, cukup sampai di sini pembahasan mengenai ‘Apa itu NFC’. Bagaimana? Cukup menambah pengetahuan seputar dunia Androdi bukan?