Android 10 Menjadi Versi Android Dengan Tingkat Adopsi Tercepat

Android 10 Menjadi Versi Android Dengan Tingkat Adopsi Tercepat

Google baru saja merilis grafik yang menunjukkan tingkat adopsi OS Android di seluruh dunia. Bagan yang dirilis pada halaman Android Developers tersebut menunjukkan hasil cukup unik, dimana Android 10 menjadi versi Android dengan tingkat adopsi tertinggi untuk saat ini.

Google sendiri sebelumnya diketahui telah berhenti merilis laporan distribusi untuk Android. Namun, entah kenapa kali ini perusahaan tersebut kembali merilis laporan tersebut. Pada grafik yang dirilis tersebut, terdapat data dari empat versi Android yang beredar saat ini yakni Android 8.0, Android 8.1, Android 9.0, dan Android 10.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, Android 10 menempati urutan pertama dengan tingkat adopsi mencapai 28%. Angka tersebut tercatat lebih tinggi dibanding dengan Android 9.0 yang mana sudah lebih dulu rilis. Sebelumnya rekor tingkat adopsi dipegang oleh Android 9.0 dengan jumlah perangkat mencapai 100 juta dalam kurun waktu 5 bulan sejak OS tersebut diluncurkan. Kini, rekor tersebut berhasil disusul oleh Android 10 dengan tingkat adopsi mencapai 400 juta perangkat sejak OS tersebut resmi diluncurkan beberapa waktu lalu.

Lihat Juga :   Benchmark Oppo Ace 2 Muncul di Situs AnTuTu, Skornya Tembus 560K+

Inisiatif perusahaan untuk meningkatkan kecepatan adopsi OS baru tersebut dinilai berhasil oleh beberapa kalangan. Dalam pendistribusian OS terbarunya, Google diketahui menjalankan tiga project sekaligus yang mana ketiganya berperan penting ekosistem Android 10 saat ini. Tiga project tersebut adalah, Treble, Mainline, dan GSI.

Untuk Treble dan Mainline, kedua project tersebut berfokus memisahkan antara komponen pendukung (Hardware) dengan core OS Android itu sendiri. Dengan begitu, pabrikan dapat dengan mudah meluncurkan pembaruan tanpa perlu khawatir dengan kecocokan driver perangkat keras. Hal tersebut sangat mempersingkat waktu OEM untuk pengembangan OS, yang berefek pada kecepatan distribusi pembaruan sistem operasi.